Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ariel NOAH Sentil Netizen yang Minta Harga CD Murah, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 04/07/2019, 14:16 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah netizen atau warganet meminta harga CD band NOAH dijual murah.

Mereka menilai harga CD mahal sehingga tak heran jika banyak yang membeli bajakan.

Vokalis Nazril Irham atau lebih populer dengan panggilan Ariel (37) itu memberikan jawabannya atas permintaan netizen.

Menurut Ariel, tidak mudah menjual sebuah karya dengan harga yang murah.

"Satu lagi deh nih buat yg minta harga CD lebih murah. Kita bisa saja menurunkan kualitas cd dan cover sehingga lebih murah, tapi tetap semurah murahnya CD dari kita, akan lebih murah CD bajakan," kata Ariel lewat akun Instagram-nya, @ariel_inst, yang dikutip Kompas.com, Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Ariel NOAH Sebut Raditya Dika Berhasil Patahkan Mitos Dunia Tarik Suara

Sebab, kata Ariel, pembajak tidak perlu membayar pajak atas distribusi kaset fisik. Sedangkan pihak label yang memproduksi secara resmi harus membayar pajak.

"Kecuali kalau kita gak perlu bayar pajak juga, baru bisa bersaing harga, itu pun kita musti tetap ada biaya pembuatan karya, bukan tinggal copy paste di cetak," tulis Ariel.

Hal itu, lanjut Ariel, juga berlaku untuk para platform musik digital resmi seperti Joox, Spotify, iTunes, dan lainnya. Mereka, kata Ariel, membayar pajak.

"Klo yg download gratis itu gak bayar pajak. Jadi klo masalah saingan harga, kalau yg gak bayar pajak ya pasti lebih murah. Ah ya sudahlah, saya mau minum kopi lagi," kata Ariel.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Satu lagi deh nih buat yg minta harga CD lebih murah. Kita bisa saja menurunkan kualitas cd dan cover sehingga lebih murah, tapi tetap semurah murahnya CD dari kita, akan lebih murah CD bajakan, *KENAPA?* , *KARENA PEMBAJAK GAK PERLU BAYAR PAJAK* , kecuali kalau kita gak perlu bayar pajak juga, baru bisa bersaing harga, itu pun kita musti tetap ada biaya pembuatan karya, bukan tinggal copy paste di cetak. Dan ini berlaku pada semua platform digital, platform digital resmi seperti joox, spotify, itunes, itu semuanya bayar pajak juga. Klo yg download gratis itu gak bayar pajak. Jadi klo masalah saingan harga, kalau yg gak bayar pajak ya pasti lebih murah. Ah ya sudahlah, saya mau minum kopi lagi.

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on Jul 3, 2019 at 7:50am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com