Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Boyband dan Girlband K-pop Terkaya Saat Ini

Kompas.com - 24/07/2019, 11:24 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber EOnline

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa K-pop adalah salah satu industri yang paling menguntungkan di dunia dan bahkan telah disebut sebagai "Ekspor Terbesar Korea Selatan" oleh majalah TIME.

Dengan miliaran tampilan musik di YouTube, agensi hiburan Korea Selatan yang dijuluki Big Four menyapu hampir 1 miliar dolar AS atau Rp 14 triliun dalam pendapatan gabungan.

"Kami berada di titik balik yang sangat menarik. Lebih banyak label rekaman Amerika dan merek serta perusahaan Amerika mencari cara untuk memanfaatkan seniman ini (K-pop)," kata jurnalis musik dan komentator K-pop Jeff Benjamin kepada majalah Money dalam sebuah wawancara.

Majalah Money baru-baru ini menyusun daftar grup musik berpenghasilan tertinggi di industri K-pop.

Berikut daftarnya:

Baca juga: Ketika Lagu-lagu K-pop Digubah Jadi Musik Orkestra di New York

1. BTS

Boyband BTS akan merayakan ulang tahun ke-6 pada 13 Juni 2019 mendatang.Big Hit Entertainment Boyband BTS akan merayakan ulang tahun ke-6 pada 13 Juni 2019 mendatang.
Di bagian atas daftar ini ada boyband K-pop fenomenal, BTS. Grup yang beranggotakan Jin, Jimin, J-Hope, Jungkook, Suga, RM, dan V itu melejit lewat lagu-lagu mereka yang sangat populer seperti "Fake Love", "Idol", dan yang terbaru "Boy With Luv".

Pendapatan mereka datang dari penjualan album, tur konser, penjualan merchandise.

Album terbaru mereka saja Map of Soul: Persona terjual 3.229.032 kopi dalam bulan pertama di Korea Selatan dan dengan ekspansi mereka ke dalam permainan mobile, pendapatan mereka tampaknya akan semakin bertambah pada tahun mendatang.

Dalam hal penjualan tiket konser, Love Yourself World Tour terbaru mereka mendatangkan lebih dari satu juta penggemar di seluruh dunia dan menghasilkan lebih dari 71,7 juta dolar AS atau Rp 1 triliun pendapatan.

2. TWICE

Girlband asuhan JYP Entertainment TWICE akan merilis mini album ketujuh, Fancy You, pada 22 April 2019.Soompi Girlband asuhan JYP Entertainment TWICE akan merilis mini album ketujuh, Fancy You, pada 22 April 2019.
Dibentuk oleh JYP Entertainment pada 2015, girlband ini mendapatkan tempat kedua dalam daftar grup K-pop terkaya berkat banyak dukungan yang menguntungkan secara komersil.

Selain mendapatkan dari penjualan album dan tiket konser yang kuat, menurut Money, berbagai penawaran iklan seperi produk kecantikan Estée Lauder, minuman Pocari Sweat, dan lebih dari 30 merek pakaian, juga menjadi sumber penghasilan mereka.

Ada pula pendapatan dari permainan online, dan telepon seluler, makanan dan minuman, serta kartu kredit, dan banyak lagi.

3. BLACKPINK

Halaman:
Sumber EOnline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com