Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Lagu-lagu K-pop Digubah Jadi Musik Orkestra di New York

Kompas.com - 01/05/2019, 11:50 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Billboard

KOMPAS.com - K-pop terus menaklukkan dunia musik global dan sekarang telah mencapai tujuan yang benar-benar tak terduga, sebuah tempat pertunjukan musik ternama di New York, AS, yakni Lincoln Center for the Performing Arts.

Di sana, sebuah acara bertajuk K-Factor: Eksplorasi Orkestra K-Pop akan digelar. Pertunjukan satu malam tersebut akan menampilkan sekitar 50 orkestra yang mengeksplorasi beberapa dekade musik Korea dengan membawakan lagu-lagu dari artis K-pop terbesar saat ini.

Di antaranya adalah lagu milik EXO, BTS, BLACKPINK, dan Red Velvet. Serta musisi berpengaruh lainnya, termasuk Gain Seo Taiji dan Brown Eyed Girls, untuk menampilkan pilihan lagu dalam rentang hampir 100 tahun sejarah musik Korea.

Pianis JungJae Moon, yang berkolaborasi dengan Wendy "Red Velvet" pada menyanyikan ulang lagu Natal pada 2016, adalah tamu istimewa yang ditampilkan dalam konser tersebut.

Baca juga: Ketika Captain Marvel Nyatakan Diri sebagai Penggemar K-pop

Satu hari sebelum acara, segmen tanya jawab akan diadakan dengan Eksekutif A&R SM Entertainment dan anggota dewan direksi Chris Lee.

K-Factor diinisiasi oleh sejumlah penasihat dan konsultan termasuk arranger Johan (yang bekerja erat dengan orang-orang seperti No ID dan Travis Barker), penulis dan konsultan yang berbasis di Seoul Jakob Dorof (yang karyanya telah muncul di Pitchfork dan VICE), penyanyi dan penulis lagu Kim Eana (pencipta lagu "Good Day" yang dipopulerkan IU dan "Dream" oleh Suzy dan Baekhyun).

"Program di Lincoln Center ini berfokus pada sisi petualang musik pop Korea yang aku selalu merasa patut mendapat pertimbangan lebih dalam," ucap Eana.

K-Factor: Eksplorasi Orkestra K-Pop akan berlangsung di Alice Tully Hall di Lincoln Center pada 20 Juni 2019 mendatang.

Baca juga: Lisa BLACKPINK Jadi Artis K-pop dengan Follower Terbanyak di Instagram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Billboard
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com