Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Bumi Manusia Bakal Selama Avengers: Endgame, Ini Kata Hanung

Kompas.com - 27/07/2019, 10:59 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan hanya karena diadaptasi dari salah satu novel terlaris mahakarya Pramoedya Ananta Toer, film Bumi Manusia juga menjadi pembicaraan lantaran durasinya.

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini bahkan disebut berdurasi sama dengan film superhero keluaran Marvel Studio Avengers: Endgame, yakni tiga jam.

Dengan durasi tersebut, Bumi Manusia otomatis akan menjadi salah satu film terpanjang yang diproduksi oleh sineas Tanah Air.

Hanung Bramantyo pun memberikan jawaban bagaimana ia bisa mengemasnya dengan durasi sepanjang itu.

Baca juga: Iwan Fals, Once, dan Fiersa Besari Nyanyikan Ibu Pertiwi untuk Bumi Manusia

Menurut Hanung, kunci dari durasi tersebut adalah karena kegeniusan Pramoedya dalam menulis sebuah novel.

"Pak Pram itu saya enggak tahu belajar darimana jadi penulis, saya baca novel Bumi Manusia, ternyata Pak Pram sudah menggunakan struktur Tiga Babak, yang di gunakan semua media," ucap Hanung saat berkunjung ke Kompas.com, Selasa (23/7/2019) lalu.

Lantaran format tiga babak itu, Hanung menjadi mudah untuk mengupas semua alur cerita ke dalam film tanpa harus membuat ada bagian yang terpotong.

"Itu memudahkan kami untuk mengupas, beda dengan novelis sekarang mereka itu curhat, akhirnya banyak yang di adaptasi ke film kita kesulitan," ucapnya.

Baca juga: Durasi Bumi Manusia 3 Jam, Iqbaal Sarankan Tak Bawa Guling dan Tikar

"Dan strukturnya sudah digambar sama Pak pram, saya tinggal mengadopsi. Saya enggak tahu novelis zaman dulu nulisnya gimana," sambungnya.

Hanung mengatakan, novel Bumi Manusia memenuhi semua unsur yang membuat mudah diangkat ke sebuah film, yakni inciting incidentdent, twist, dan false victory.

Sederhananya, Hanung pun menganalogikan bila seluruh halaman dalam novel Bumi Manusia dijadikan sebuah skenario maka amatlah wajar bila durasi film tersebut sekitar tiga jam.

"Novelnya kalau di Gramedia 500 halaman, di Hasta Mitra 333 halaman tapi kan spasinya rapat, di Gramedia 500 halaman, kalau dibedah di skenario jadi ada 250 halaman, anggaplah 1 halaman 1 menit. Ada 162 scene, 134 halaman, kalau 1 halaman 1 menit, berarti ada 130 menit, belum lagi adegan insert dan lain-lain," ucap Hanung.

"Tadinya setelah edit durasi 4 jam, di potong jadi 3,5 jam lalu final 3 jam," sambungnya.

Rencananya, film ini akan tayang serentak pada 15 Agustus 2019 mendatang.

Beberapa nama terlibat seperti Iqbaal Ramadhan (Minke), Mawar Eva de Jongh (Annelies), Jerome Kurniawan (Robert Suurhof), Ine Febriyanti (Nyai Ontosoroh), Bryan Domani (Jan Dapperste alias Panji Darman) dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com