Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adrian Adioetomo Rilis Album Baru Akhir Tahun 2019

Kompas.com - 21/08/2019, 22:08 WIB
Andika Aditia,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi blues atau bluesman ternama Tanah Air, Adrian Adioetomo (46) bersiap kembali menggebrak belantika musik di Indonesia dengan album terbaru.

Adrian yang terkenal lewat permainan gitar delta blues-nya yang langka mengaku akan merilis album baru itu pada akhir 2019.

"Saya lagi garap album baru sebenarnya, sudah selesai diproses mastering, lagi garap packaging-nya nanti. Mungkin lagi mikir promosinya kayak apa, belum tahu planning-nya," ujar Adrian kepada Kompas.com di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).

Baca juga: Jakarta Blues International Festival Diharapkan Bangkitkan Lagi Gairah Musik Blues di Indonesia

Adrian terakhir kali merilis sebuah karya lewat mini album atau EP berjudul "Apaan" yang dirilis pada 2016. 

Menurut dia, album terbaru ini terasa berbeda karena ia akan secara penuh menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, ia juga sedikit keluar dari zona nyamannya dengan memasukkan beberapa unsur dari musik lain dalam albumnya.

Baca juga: Paul Gilbert hingga The Calling Akan Tampil Spesial di Jakarta Blues International Festival 2019

"Dan di album ini yang beda adalah full bahasa Inggris. Kalau sebelumnya, kan, cuma satu dua lagu, sekarang full bahasa Inggris," ucapnya.

"Musiknya juga agak sedikit beda, enggak pakem banget di delta blues, agak nyerempet ke alternative country, Americana gitu ya," ujar Adrian. 

Dalam album yang berisi 14 lagu ini, Adrian mengaku menulis dari proses kontemplasi dirinya selama beberapa tahun belakangan.

Baca juga: Jakarta Blues International Festival 2019 Kembali Lagi, Ada Paul Gilbert hingga Ron Bumblefoot

"Album ini semuanya ditulis dalam periode empat tahun di hidup saya, ada peristiwa yang terjadi pada saya saat itu, tapi nanti saya cerita pas promonya, saya lebih kontemplasi dan perenungan baru di musik saya, jadi mau kasih nuansa baru," ucapnya.

Terkait judul albumnya, Adrian belum bisa membeberkannya karena masih tahap pencarian nama yang pas.

Saat ini, albumnya sedang proses pengerjaan desain sampulnya.

Pihaknya juga bekerja sama dengan seniman ilustrasi Monica Hapsari yang juga vokalis grup band indie Pandai Besi untuk mengerjakannya.

"Kami bikin kayak apa, nah kalau pun rilis (album) digital saya pengin ada artwork-nya juga, bukan cuma playlist gitu saja," ujar Adrian. 

Adrian mulai dikenal sebagai bluesman ketika dirinya menunjukan kepiawaian bermain gitar dari kafe ke kafe awal tahun 2000. 

Ia pertama kali merilis album studio pada tahun 2007, dengan judul "Delta Indonesia". Beberapa lagunya yang terkenal adalah "Tegangan Tinggi", "Sekujur Tak Peduli", dan "Katanada". Lewat kepiawaiannya, ia sudah sering wara-wiri festival musik internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com