Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indro: Warkop DKI Reborn Gaungkan Perdamaian

Kompas.com - 26/08/2019, 20:16 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Komedian Indro Warkop mengatakan, dia dan para pemain Warkop DKI Reborn, yakni Adipati Dolken, Aliando Syarief, Randy Danista ingin menggaungkan perdamaian di tengah kondisi yang terjadi di Papua.

"Bukan duta perdamaian, tapi keinginan menggaungkan perdamaian itu," kata Indro Warkop saat berbincang dari hati ke hati tentang Papua bersama penyanyi Edo Kondologit di Studio Karnos Film, Cibubur, Depok, Jawa Barat, Senin (26/8/2019).

Indro juga mengungkapkan bahwa hatinya perih atas terjadinya kerusuhan baru-baru ini. Menurut dia, tidak adanya komunikasi menjadi penyebab peristiwa yang terjadi di Papua.

"Saya mau ucapkan keprihatinan atas apa yang terjadi kepada saudara kita di Papua. Hanya karena provokasi dari satu dua orang, kita jadi mengalami kemunduran. Tidak ada komunikasi lagi di situ," ucapnya.

Baca juga: Trio Abimana-Vino-Tora dan Aliando-Adipati-Randy dalam Kacamata Indro Warkop

Senada dengan Indro, Adipati menambahkan, komunikasi menjadi kunci untuk menumbuhkan rasa toleransi di antara masyarakat.

"Hanya dengan komunikasi itu semua bisa ngerti. Cara kita toleran dan menerima kelebihan dan kekurangan kan itu ada di komunikasi," tambah Adipati.

Sedangkan untuk Warkop, Indro menjelaskan, budaya komunikasi sudah tercermin dari arti di balik nama Warkop. Di mana warung kopi menjadi tempat untuk berkomunikasi.

"Warung Kopi itu sendiri kan budaya kita, secara budaya di situlah komunikasi terjadi, di situlah adanya demokrasi. Itu kenapa kami bangga menjadi nama Indro Warkop, Dono Warkop, Kasino Warkop," jelas Indro.

"Benar kata Mas Indro, warung kopi itu budaya untuk silaturahmi. Ketika ada masalah kita duduk ngobrol dan kita sepakatin bersama, kita musyawarahkan. Kita kembali ke leluhur bangsa kita," sambung Edo Kondologit.

Baca juga: Fakta Terbaru Warkop DKI Reborn, Lokasi Film Hollywood hingga Biaya Fantastis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com