Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lea Simanjuntak Merintih untuk Iwan Fals

Kompas.com - 26/06/2013, 14:28 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dilibatkan dalam rekaman album baru artis musik kawakan Iwan Fals, sebagai vokalis, ternyata Lea Simanjuntak tidak melulu menyanyikan lirik lagu. Untuk salah satu lagu Iwan, Lea tak menyanyi, tetapi merintih.

Suara Lea ada dalam dua lagu Iwan, "Katanya" dan "Aku Ada", pada album berjudul Raya itu. Tetapi, dalam "Aku Ada", ia tidak menyanyikan lirik lagu tersebut.

"Untuk 'Aku Ada', justru sangat spesial karena aku dibebasin nyanyi, disuruh explore, dan aku bukan nyanyi lirik. Menurut Bang Iwan, aku disuruh membawain karakter peri yang ngelihatin rakyatnya nyanyi-nyanyi di gunung, seperti menyampaikan kata hati Bang Iwan dan orang-orang di perkampungan itu dengan rintihan vokalku," cerita Lea dalam wawancara di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2013) malam.

"Ini pengalaman yang baru buat aku, menerjemahkan keadaan ke dalam lagu. Mungkin dia sudah ada gambaran dengan vokalku," lanjutnya.

Walaupun tidak menyanyikan lirik "Aku Ada", Lea diharapkan Iwan bisa membangun suasana lagu itu.

"Tapi, aku harus bisa membawakan feel, suasananya. Tahu sendiri kan, lagu Bang Iwan panjang-panjang dan jangan sampai aku bikin ngedrop lagunya. Karena, dia memang mau vokalku main di mood, ada bagian di mana aku harus rem dan ada bagian aku harus all out," jelas Lea.

Untuk vokal rintihannya, Lea menyiapkan beberapa versi yang kemudian akan di-mix menjadi satu. "Beberapa versi, itu yang diramu oleh yang mixing. Kalau dengar albumnya, aku angkat topi buat yang mixing karena itu PR (pekerjaan rumah) banget," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com