Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung dan Rachmawati Salah Paham, Kata Piet Pagau

Kompas.com - 29/09/2013, 14:41 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara film Soekarno: Indonesia Merdeka dilaporkan ke polisi oleh Rachmawati Soekarnoputri, putri Soekarno. Rachmawati menuding, namanya dicemarkan oleh Hanung, yang mengatakan bahwa Rachmawati mencari popularitas dengan melarang film tersebut diedarkan lantaran Hanung sudah menyalahi kesepakatan. Atas perselisihan itu, aktor kawakan Piet Pagau melontarkan pendapatnya.

Menurut Piet, antara Hanung dengan Rachmawati telah terjadi salah paham dan tidak perlu lahir perselisihan panjang apalagi sampai dibawa ke jalur hukum.

"Sebagai sutradara, Hanung harus dominan di dalam pemilihan pemain pendukung. Karena dia yang bakal menggarap mulai dari proses pembuatan naskah atau skenario hingga shooting di lapangan, sudah seharusnya dia diberi kepercayaan penuh di dalam memilih pemain," kata paman pembawa acara dan artis peran Raffi Ahmad ini dalam wawancara di Jakarta, Jumat lalu (27/9/2013). "Itu mutlak, meski perlu mendengar juga masukan dari pihak produser atau pihak yang melakukan kerja sama," kata Piet lagi.

Lanjut Piet, seharusnya Rachmawati bisa memaklumi langkah-langkah Hanung dalam menentukan siapa saja yang terlibat dalam film itu, termasuk pemeran utama dan pemeran pendukung.

"Yang terpenting, karya filmnya itu kelak bisa dipertanggungjawabkan. Sah-sah saja jika Hanung kemudian menolak intervensi, sekali pun dari pihak produser atau pemilik kerja sama lain," ujar Piet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com