Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar Bob Dylan Laku Rp 11 Miliar dalam Lelang

Kompas.com - 08/12/2013, 17:20 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com -- Gitar elektrik yang dimainkan oleh artis musik Bob Dylan (72) dalam Newport Folk Festival 1965 mencapai rekor harga 965.000 dollar AS atau kira-kira Rp 11 milliar dalam lelang di New York (AS).

Gitar Fender Stratocaster ini telah menjadi milik sebuah keluarga di New Jersey (AS) selama 48 tahun, setelah tertinggal di pesawat oleh Dylan. Dalam program History Detectives di layar kaca AS PBS, Dawn Peterson, anak pilot pesawat itu, mengatakan bahwa gitar tersebut asli.

Newport Folk Festival 1965, di Rhode Island, seringkali disebut sebagai pertunjukan ketika Dylan "menjadi elektrik". Karena apa yang dilakukannya itu, Dylan "mengubah struktur musik folk", kata pengagas Newport Folk Festival, George Wein (88), kepada kantor berita Associated Press.

"Menit ketika Dylan bermain alat musik elektrik, semua anak muda mengatakan, 'Bobby bermain elektrik. Kami juga bermain elektrik'," tutur Wein.

Tapi, ketika itu, tiga lagu yang dimainkan oleh Dylan menjadi bahan ejekan oleh para penonton yang ingin menyaksikan Dylan memainkan musik folk secara tradisional.

Peterson mengatakan, ayahnya menanyakan kepada perusahaan manajemen Dylan, apa yang harus dilakukan terhadap gitar tersebut, namun tak seorang pun menghubunginya kembali.

Para ahli mencocokkan gitar yang terbuat dari kayu tersebut dengan foto perlengkapan Dylan dalam festival itu.

Rekor harga penjualan gitar dalam lelang sebelumnya dicetak oleh harga gitar Fender milik Eric Clapton, yang dinamai "Blackie". Gitar itu terjual di balai lelang 959.500 dollar AS pada 2004.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com