Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerebek Rumah Justin Bieber, Polisi Tangkap Tangan Rapper "Nge-Drug"

Kompas.com - 15/01/2014, 10:36 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Petugas polisi menggeledah rumah bintang pop Justin Bieber terkait dugaan keterlibatan penyanyi ini dalam kasus vandalisme, Selasa (14/1/2014), ketika mereka justru mendapati pengguna narkoba di rumah penyanyi kelahiran Kanada itu.

"Sekitar selusin penyidik menggeledah rumah Bieber dan menangkap salah satu anggota kelompok penyanyi tersebut atas dugaan kepemilikan narkoba," kata Letnan David Thompson, Selasa.

Penggeledahan di rumah Bieber terkait aksi pelemparan telur ke rumah tetangga Bieber. Aksi tersebut menyebabkan kerugian ribuan dollar AS bagi pemilik rumah.

Pria yang ditangkap di rumah Bieber kemudian diidentfikasi sebagai Lil Za, rapper dengan nama asli Xavier Smith (20). Catatan penjara mendapatkan Smith masih dalam masa hukuman dengan denda 20.000 dollar AS.

Thompson mengatakan Smith tertangkap tangan dengan narkoba ketika para penyidik menggeledah rumah Bieber terkait dugaan kasus vandalisme itu.

Informasi awal menyebutkan narkoba yang ditemukan bersama Smith adalah kokain. Namun, belakangan polisi mengatakan mereka masih menguji kandungan zat bahan tersebut.

Insiden telur

Sementara itu, Thompson mengatakan sejauh ini belum ada keputusan untuk menahan maupun membebaskan Bieber. Dia pun menolak menjelaskan bukti apa yang sedang dicari polisi di rumah Bieber.

Menurut Thompson, rumah yang diduga dilempari telur itu memiliki beragam perabot mahal. Penggeledahan ke rumah Bieber, ujar dia, mendapatkan surat perintah dari hakim.

"(Lemparan) telur memang tak terlihat signifikan tetapi ini sudah menjadi kejahatan," kata Thompson. "Ada korban dalam kasus ini dengan kerusakan di rumah mereka. Itu insiden serius," tegas dia.

Bieber tinggal di pemukiman dengan tingkat keamanan tinggi di kawasan Calabasas yang banyak ditinggali selebritas. Lokasi pemukiman ini sekitar 48 kilometer di barat laut Los Angeles. Empat helikopter mengitari langit pemukiman tersebut selama penggeledahan berlangsung.

E-mail ke juru bicara Bieber, Melissa Victor, tidak kunjung mendapat jawaban. Pemeriksaan sebelumnya yang dilakukan oleh sherif setempat belum mendapatkan dakwaan untuk Bieber.

Pada Oktober 2013, jaksa menolak menuntut Bieber atas keluhan yang disampaikan tetangganya bahwa Bieber memacu cepat mobilnya di dalam kompleks pemukiman.

Sebelumnya, pada November 2012, jaksa juga menolak menuntut penyanyi ini atas tuduhan dari paparazzi yang mengaku telah dipukul Bieber saat keluar dari bioskop Calabasas. Tetangga Bieber kerap mengeluhkan kelakukan bintang pop itu dan teman-temannya.

Thompson mengatakan surat perintahnya tidak mengharuskan dia mengirimkan pemberitahuan kepada Bieber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com