Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2014, 18:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Riry Silalahi memang tidak lagi menjadi gitaris band She. Ia kini orang "kantoran" yang bekerja di sebuah stasiun televisi. Namun, ketika para gitaris mengajaknya bergabung dalam pentas amal "Dari Gitaris untuk Indonesia" di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (12/2/2014) malam, Riry tidak menolak.

"Konsekuensi kerja kantoran, main-main sama musisi memang berkurang," kata Riry yang pada pentas nanti direncanakan akan tampil bersama Kin Aulia, gitaris The Fly, membawakan lagu "One Love" milik Bob Marley itu.

Sebagai gitaris perempuan, Riry sering mendengar ucapan yang terkesan menomorduakan perempuan. Riry mengakui, alat musik gitar, bas, dan drum memang seakan identik dengan maskulinitas. Perempuan seakan hanya cocok untuk alat musik seperti piano atau biola.

"Kalau, misalnya, ada perempuan main gitarnya jago, dibilang, 'Wah cewek, tapi mainnya jago'. Komentarnya pasti begitu," kata Riry, Selasa (4/2/2014), saat jeda rapat rencana pentas amal yang hasilnya akan disumbangkan untuk korban bencana.

Riry secara sadar memang memilih dan mencintai gitar. "Gitar, kenapa enggak. Alat musik itu tidak mengenal jender!" katanya. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com