Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNN: Artis JR Mengonsumsi Narkotika Jenis Methamphetamine

Kompas.com - 13/05/2014, 16:12 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis perempuan dengan inisial nama JR (sebelumnya disebut YR), yang ditangkap dalam razia rutin Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta, Minggu (11/5/2014) dini hari, di sebuah tempat hiburan di Kemang, Jakarta Selatan, dinyatakan positif menggunakan narkotika. Selain JR, ada 12 pengunjung lain di sebuah tempat hiburan lain di  Kemang yang juga ditangkap dan dinyatakan positif mengonsumsi narkotika.

Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto, menerangkan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap mereka menghasilkan indikasi yang sama dengan screening yang dilakukan terhadap mereka ketika ditangkap.

"Dari ke-13 orang ini, dinyatakan positif menggunakan narkotika. Saat ini, mereka sedang menjalani assessment dalam rangka menentukan langkah lebih lanjut," kata Sumirat, di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (13/5/2014).

Meski demikian, Sumirat tidak menyebut inisial nama mereka yang ditangkap dalam razia rutin BNNP tersebut, kecuali JR.

Diterangkan pula oleh Sumirat, 12 dari 13 orang yang ditangkap itu positif mengonsumsi narkotika jenis THC (sembilan orang), methamphetamine (dua orang), dan opium (satu orang). Sementara itu, seorang lainnya menggunakan obat yang seharusnya dikonsumsi berdasarkan resep dokter.

"JR positif methamphetamine. Dia tertangkap sendiri," kata Sumirat lagi.

Meski mereka positif mengonsumsi narkotika, pihak BNN menyebut tidak mendapati barang bukti pada mereka, termasuk pada JR. Diduga, mereka sudah mengonsumsinya lebih dulu.

"Terkait barang bukti, yang ada di kami atau di BNNP adalah hasil pemeriksaan urine. Kami tidak temukan barang bukti lainnya atas pemeriksaan ini," ujar Sumirat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan BNNP DKI Jakarta, Sapari Partodiharjo, tak bersedia memberi keterangan secara rinci mengenai profesi yang digeluti oleh JR, apakah sebagai artis peran, penyanyi, atau model foto. Sapari hanya menyebut JR merupakan seorang artis.

"Dia artis. Nanti kalau sudah assessment. Di KTP-nya itu dia swasta," ujar Sapari.

JR, lanjut Sapari, ditangkap di tempat hiburan Neo Amor. Apakah JR pengguna aktif narkotika atau tidak, ia pun belum bisa menyebutkannya.

"Itu kami masih menunggu hasil assessment dokter," ujarnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com