Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Jolie Dapat Penghargaan Kehormatan dari Kerajaan Inggris

Kompas.com - 10/10/2014, 23:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Inggris Elizabeth memberikan penghargaan kehormatan Dame dari Kerajaan Inggris untuk aktris Angelina Jolie, Jumat (10/10/2014).

Penghargaan kehormatan itu diberikan untuk aktivitas Jolie terkait kampanye mengakhiri kekerasan seksual di zona peran dan layanan kebijakan luar negeri Inggris.

Ratu menyerahkan lambang kehormatan Dame Grand Cross of the Most Distinguished Order of St Michael and St George kepada Jolie, utusan khusus PBB untuk komisi yang menangani pengungsi (UNHCR) ini.

Jolie berjabat tangan dengan Ratu di 1844 Room, ruang yang diberi nama sesuai tahun kunjungan kenegaraan Kaisar Rusia Nicholas I ke Inggris. 

Jolie (39), merupakan salah satu pendiri lembaga inisiatif pencegahan kekerasan seksual, bersama Menteri Luar Negeri Inggris William Hague pada 2012.

Penghargaan untuk Jolie ini sudah diumumkan pada Juni 2014, saat Jole mendampingi Hague memimpin KTT untuk mengakhiri kekerasan seksual di wilayah konflik, di London.

"Menerima (penghargaan) kehormatan yang berkaitan dengan kebijakan luar negeri (Inggris) ini, punya banyak arti bagi saya, karena (kebijakan) yang saya ingin mendedikasikan hidup saya untuknya," kata dia.

Jolie merupakan orang ke-1.149 yang menerima penghargaan atas kontribusi mereka untuk rakyat Inggris, dalam daftar penghargaan untuk perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II.

Karena Jolie bukan warga negara Inggris, maka dia tak dapat menerima penghargaan penuh Dame, dan menerima penghargaan kehormatan Dame.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com