Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harrison Ford Pernah Terbangkan Pesawat untuk Kegiatan Sosial

Kompas.com - 06/03/2015, 15:21 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktor kenamaan Hollywood Harrison Ford, yang mengalami kecelakaan pesawat di Los Angeles, California, AS, Kamis (5/3/2015) waktu setempat, pernah menggunakan kemampuannya menerbangkan pesawat untuk kegiatan-kegiatan sosial.

Pria berusia 72 tahun ini tercatat pernah menerbangkan pesawat untuk organisasi-organisasi nonprofit, termasuk Operation Smile (untuk pengadaan bedah bibir sumbing dan cacat fisik lain pada wajah bagi anak) dan Special Olympics (untuk penyelenggaraan olahraga bagi para penyandang disabilitas intelektual). Ia juga pernah menerbangkan pesawat yang membawa para personel medis dan bahan bantuan ke Haiti ketika gempa bumi dahsyat melanda negara itu pada 2010.

Aktor yang terkenal dengan perannya dalam film-film Indiana Jones ini juga pernah menjadi Ketua Umum Program Young Eagles, sebuah asosiasi penerbangan eksperimental, pada 2004-2009.

"Idenya adalah memberi kesempatan kepada kaum muda, usia delapan hingga 17 tahun, untuk naik pesawat penerbangan umum. Hal itu akan memberi mereka kesempatan untuk mengalami kebebasan dan tanggung jawab yang harus dijaga untuk menerbangkan sebuah pesawat," terangnya kepada CBS News pada 2005.

Bagi Ford, yang menerbangkan helikopter sebagai Max Drummer dalam film The Expendables 3, terbang merupakan sebuah petualangan.

"Saya menikmati kebebasan dan keindahan dari dimensi ketiga ketika terbang. Kita hidup di dua dimensi dunia ketika kita berada di darat, dan berada di udara merupakan sebuah pengalaman langka yang menyegarkan pandanganmu mengenai berbagai hal. Terbang selalu menjadi sebuah petualangan," tuturnya dalam sebuah wawancara oleh majalah Downwind pada 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com