Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Special Buat Kamu", Pameran Karya Seni Penggemar Shaggydog

Kompas.com - 23/04/2015, 19:06 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup ska Shaggydog bekerja sama dengan Ace House Collective Yogyakarta mengadakan pameran bertajuk Special Buat Kamu yang mempresentasikan fans art atau karya-karya seni dari para penggemar band asal Sayidan tersebut.

"Ide pameran ini berawal dari fenomena para Doggies dan Honnies (sebutan untuk penggemar Shaggydog) dari tiap-tiap daerah yang punya kostum atau kaus (t-shirt) sendiri bertuliskan 'Shaggydog'. Mereka pakai itu tiap kali kami manggung," tutur vokalis Shaggydog, Heru Wahyono dalam wawancara per telepon dengan Kompas.com di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

"Nah dari situ muncul ide untuk membuat pameran seperti ini," imbuhnya.

Heru mengatakan bahwa dalam pemeran yang judulnya diambil dari lagu "Special Buat Kamu" itu, bukan hanya aneka kreasi t-shirt bertuliskan Shaggydog saja yang akan dipamerkan, tetapi juga karya-karya seni lain dari para Doggies dan Honnies. 

"Sebenarnya bukan hanya kaos, tetapi juga ada bendera, sticker, hingga kaset. Ada sekitar lima kaset yang bakal dipamerin. Kaset ini merupakan kaset rekaman yang dibuat fans ketika Shaggydog tampil secara live. Jadi, dari sampul hingga kemasannya didesain sendiri oleh fans," ujarnya.

Selain karya dari para penggemar, Shaggydog juga mengundang beberapa seniman Kota Gudeg untuk mempresentasikan karya seni mereka dalam pameran tersebut.

"Ada beberapa seniman Yogya yang kami libatkan dalam pameran ini. Jadi, intinya kami mengakomodir pameran yang menampilkan karya-karya dari fans dan seniman," kata Heru.

Proyek fotografi bertajuk Jalan-jalan, dari fotografer seni Anom Sugiswoto yang mengajak Doggies dan Honnies untuk berfoto bersama sambil mengenakan t-shrit hasilkarya seni penggemar Shaggydog seluruh Indonesia juga tak ketinggalan meramaikan pameran ini.

Pameran Special Buat Kamu, lanjut Heru, juga merupakan pameran yang menarik. "Karena di Indonesia kan belum pernah ada pameran seperti ini," kata Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com