Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa 3 Personelnya, Penampilan SuJu Tetap Seru

Kompas.com - 04/05/2015, 16:50 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com -- Boyband dari Korea Selatan, Super Junior atau SuJu, sukses menghangatkan kira-kira 10 ribu penggemar setianya yang biasa disebut ELF dalam penutupan tur dunia Super Show 6, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Minggu (3/5/2015).

Usai penonton disuguhi video konsep Super Show 6, SuJu yang tampil dengan formasi Leeteuk, Siwon, Donghae, Eunhyuk, Heechul, Ryeowook, dan Kangin, langsung menggebrak ICE dengan lagu andalan mereka, "Twins", begitu jarum jam menunjuk pukul 14.00 WIB.

Suara penonton yang didominasi kaum remaja perempuan pun berdengung seiring kuatnya tata suara dari musik yang disajikan SuJu. Absennya Yesung, Shindong, dan Sungmin karena sedang melaksanakan wajib militer di negaranya tidak membuat performa delapan anggota SuJu yang lain berkurang.

"Bonamana" dan "Sorry Sorry" menyusul disajikan SuJu tanpa jeda. Untuk lagu "Sorry Sorry", Heechul sempat memamerkan kemampuannya dalam bermain drum.

"Apa kabar Indonesia?" seru Donnghae dalam bahasa Indonesia disambut jerit histeris ELF.

"Sudah lama tidak bertemu. Kami akan buat kalian senang dengan membalas cinta yang kalian berikan ke kami," lanjutnya berbahasa Korea.

"Jakarta is in my heart. Ini kota terakhir di Super Show 6 kami. Apa kalian siap gila-gilaan?" teriak Heechul.

"Lagu Mr.Simple" yang mengisi repertoar SuJu untuk Super Show 6 pun dinyanyikan. Kegilaan dan jerit histeris penonton kian pecah menyambut lagu yang populer di Indonesia tersebut. Tanpa dikomando, ribuan ELF langsung bernyanyi bersama mengimbangi dentuman musik SuJu.

Taburan tata cahaya yang menawan, koreografi seru, kualitas vokal, dan stamina yang prima, membuat penampilan SuJu kian sempurna di atas panggung saat "Midnight Blues", "She Wants It", "Islands", hingga "Evanesce" tak luput digelindingkan.

Di samping itu, dua personel Super Junior Mandarin atau Super Junior M yang terdiri dari Henry dan Zhuomi, turut memeriahkan penampilan Super Show 6 kali ini. Bersama para personel SuJu, Henry dan Zhuomi membawakan "Swing" dan "A-Oh" yang membuat penonton berjingkrak.

Kehadiran Henry dan Zhuomi di atas panggung Super Show 6 bukan sekadar menjadi pelengkap penampilan SuJu saja. Namun, keduanya mampu tampil solo dengan aksi permainan biola oleh Henry, serta Zhuomi yang tampil harmonis melalui tarian dan vokal nan merdunya yang membuat para ELF hanyut dan tak melepas pandangan dari penampilan mereka.

Kini giliran Eunhyuk, Khahyun, Siwon, Kangin, dan Leeteuk bergantian bernyanyi solo untuk membuktikan kualitas dan kemampuan bermusik mereka. Penampilan solo para personel SuJu ini mencapai puncaknya ketika Ryeowook menyanyikan lagu Indonesia yang dicipta Bebi Romeo, "Bunga Terkahir".

Penonton pun tampak kagum melihat Ryeowook bernyanyi dengan lirik berbahasa Indonesia. Koor massal kembali tercipta lebih kencang dari sebelumnya. Tepuk tangan dan teriakan histeris para ELF atas aksi tersebut menjadi bukti bahwa dengan "Bunga Terakhir", Ryeowook mampu merebut hati para penggemarnya.

Kejutan lain yang yang tak kalah seru hadir ketika para personel SuJu berdandan ala karakter Elsa dalam film Frozen. Teriakan histeris hingga tawa penonton mengiringi penampilan mereka dalam membawakan lagu tema Frozen, "Let It Go".

Kelar "Let It Go", secara bergiliran "Rokkugo", "Too Many Beautiful Girls", "Rockstar", dan "Let's Dance" meluncur sebelum SuJu penampilannya.

"We want more! We want more! We want more!" pinta penonton agar SuJu kembali naik ke atas panggung.

Akhirnya, SuJu keluar panggung kembali dan mengakhiri penampilan mereka dengan membawakan tiga lagu encore, antara lain "Mamacita" dari album terbaru dengan judul yang sama, kemudian "From You" dan "Haru".

"Terimakasih Indonesia. Kami belum tahu kapan Super Show selanjutnya akan digelar. Namun, kami akan berusaha untuk hal itu," kata Leeteuk sebelum mengakhiri penampilan mereka.

"Assalamualaikum Indonesia!" imbuhnya memberi salam penutup.

Para ELF pun tampak gembira dengan senyum mengembang. Sajian Super Show 6 selama kira-kira tiga setengah jam, memberi pengalaman baru yang seru dan mengasyikan. Hujan yang turun di luar selepas konser seolah tak bisa menghilangkan hangatnya penampilan yang disuguhkan SuJu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com