Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Batas Waktu untuk Belajar bagi Once Mekel

Kompas.com - 08/05/2015, 15:20 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Once Mekel (40) merupakan salah satu musisi yang
memiliki karier cemerlang dan di sisi lain juga memiliki gelar sarjana. Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang penyanyi, Once merupakan salah satu siswa Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia. Ia pun mengaku pernah bekerja di bidang Hukum sebelum berkarier di industri musik dengan menjadi in-house lawyer.

Akan tetapi, saat tim Kompas.com bertemu langsung di sebuah stasiun radio di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu (06/05/2015) lalu, apakah akan menjadi masalah jika seorang musisi tidak mengecap pendidikan formal, Once menjawab dengan lugas, "Sebetulnya sih, kalau kita yakin belajar itu tidak mengenal waktu, usia dan kita tidak malu untuk menambah ilmu, semuanya tidak menjadi masalah".

Once memberi contoh, tidak masalah jika ada seorang anak muda berumur 19 tahun yang baru lulus SMA dan ingin langsung meniti karier musik hingga menjadi artis. Namun, yang menjadi masalah menurut Once, adalah saat karier musisi-musisi muda ini tidak berjalan lancar, mereka kadang terlanjur malu untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang sudah pernah digeluti.

Terkadang banyak yang tidak menyadari bahwa kesempatan dan waktu untuk belajar itu tidak dibatasi oleh usia. "Yang penting berani dan tidak menganggap hal tersebut adalah sesuatu yang memalukan," ujar Once.

Menurut Once, pada akhirnya semuanya merupakan pilihan, bukan masalah pendidikan atau karier yang lebih penting, namun yang terpenting adalah mau ke arah mana kita mengejar mimpi.

"Gue pun coba untuk memotivasi anak-anak muda sekarang dengan dorongan 'ayo dong kejar mimpi kalian'," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com