Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RCTI Klaim Sejak Awal Ada 6 Nomine Soundtrack Terfavorit IMA 2015

Kompas.com - 23/05/2015, 22:42 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berkait kemenangan kontroversial lagu tema Di Balik 98, "Indonesia Negeri Kita Bersama", yang dinyanyikan Angel Pieters, sebagai Soundtrack Terfavorit versi Indonesian Movie Awards (IMA) 2015, Director Programming & Production RCTI Dini Putri, mencoba mengklarifikasi. Seperti diketahui, lagu yang dicipta Komisaris RCTI Liliana Tanoesoedibjo itu tidak pernah tercantum dalam daftar nomine resmi yang diumumkan pada 5 Mei 2015.

"Yang saya tahu enam nominasi untuk soundtrack film. Teman-teman bisa lihat Angel Pieters ada dengan kode IMA_E6. Kode ini ada dan real. Sehingga dari hasil kode ini, keluarlah hasil SMS-SMS ini. Sehingga yang dilakukan IMA di hari itu tidak mungkin ada pemenang tanpa ini (kode nominasi) untuk kategori terfavorit," tutur Dini dalam jumpa pers di Gedung Annex RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (23/5/2015) malam.

Namun, ketika ditanya perihal kapan tepatnya lagu "Indonesia Negeri Kita Bersama" itu masuk ke dalam nominasi Soundtrack Terfavorit, Dini tak memberi penjelasan yang akurat. Dia hanya mengatakan bahwa pihaknya berjanji akan lebih transparan saat proses polling SMS untuk kategori terfavorit.

"Saya akan cross check. Oke next time kami lebih transparan. Next kami akan buat lebih terbuka. Yang pasti, tidak ada yang namanya Angel Pieters baru masuk di hari 'H'. Angel Pieters sudah dihubungi April. Saya punya ini (kertas daftar nominasi)," ucap Dini.

Ramai diberitakan sebelumnya, dalam daftar nomine kategori Soundtrack Terfavorit IMA 2015, yang diumumkan pada 5 Mei 2015, tidak ada lagu "Indonesia Negeri Kita Bersama" (film Di Balik 98). Yang ada adalah lagu-lagu "Tinggikan" (dibawakan oleh Glenn Fredly untuk Cahaya dari Timur: Beta Maluku), "Di Balik Pintu Istana" (disajikan oleh Saint Loco untuk Di Balik 98), "Fly My Eagle" (disuguhkan oleh Anggun C Sasmi untuk Pendekar Tongkat Emas), "Immortal Love Song" (dibawakan oleh Mahadewa untuk Runway), dan "Seluas Itu" (dinyanyikan oleh Pongki Barata untuk Nada untuk Asa).

Namun, secara tiba-tiba, pada pergelaran IMA 2015, di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, pada 18 Mei 2015, lagu berjudul "Indonesia Negeri Kita Bersama" diumumkan sebagai pemenang Soundtrack Terfavorit IMA 2015. Hal itu lantas menjadi perbincangan di media sosial Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com