Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan Legenda Danau Toba

Kompas.com - 02/07/2015, 23:41 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Banyu Wening Production akan menggelar pertunjukan drama musikal "Janji Toba" di Ciputra Artpreneur Theater, Kuningan, Jakarta Selatan, pada 29 Agustus 2015. Menurut pihak penyelenggara, cerita legenda selalu menarik untuk dipentaskan.

"Kenapa harus Danau Toba? Tujuan saya cuma satu, saya ingin mengangkat cerita rakyat Indonesia yang mungkin masih banyak orang yang belum tahu," ujar Presiden Direktur Banyu Wening Production Ella Meigita dalam jumpa pers "Janji Toba" di Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2015).

Dalam sinopsisnya, "Janji Toba" yang digarap sutradara sekaligus penulis naskah Paulus Simangunsong, mengisahkan tentang lelaki bernama Toba yang bertemu dengan seorang perempuan bernama Tiomasna.

Kemudian keduanya menikah dengan syarat Toba pantang menyebutkan asal muasal Tiomasna dan anaknya kelak. Namun, Toba melanggar janjinya saat anaknya, Samosir menjadi rakus.

Sontak Toba memarahinya dan tak sengaja mengatakan bahwa Samosir adalah anak ikan. Seketika itu genangan air langsung melimpah ruah dan menjadi sebuah danau yang kini dikenal sebagai Danau Toba.

Berkait dengan pertunjukan ini, Paulus mengaku bersemangat untuk menggarap drama musikal "Janji Toba" yang kisahnya diangkat dari cerita rakyat Sumatera Utara.

"Apapun yang berbau Batak saya akan support. Tanpa peduli ada apa di belakangnya. Bukti dukungan saya adalah dikontak, janji ketemu tiga hari kemudian, saya langsung bilang seminggu naskah langsung jadi," ujar Paulus.

Selain Paulus, "Janji Toba" juga melibatkan Rektor Institusi Musik Daya Indonesia sekaligus pianis Tjut Nyak Deviana selaku penata musik di belakang layar.

Pertunjukan ini akan didukung oleh beberapa nama artis yang sudah dikenal di dunia hiburan, antara lain vokalis Bambang Reguna Bukit atau Bams eks "Samson", Cindy "AFI" Carolina, Indro "Warkop", dan Rony Dozer. Bams dipercaya menjadi tokoh utama dengan memerankan karakter Toba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com