Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorce Gamalama Sudah Siapkan Makam untuknya

Kompas.com - 27/07/2015, 16:45 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dan artis peran Dorce Gamalama (52) mengatakan bahwa ia sudah menyiapkan tanah serta beberapa perlengkapan lainnya untuk memakamkan jenazahnya jika kelak ia meninggal dunia. Tanah itu berada tidak jauh dari kediamannya, di Jalan Rawabinong, Gang Swadaya, kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, tepat di sebelah Masjid Hayyu, yang didirikannya.

"Ini sudah saya persiapkan tanah, kurung batang, dan kain kafan kalau sewaktu-waktu saya dipanggil (meninggal dunia)," ujar Dorce ketika mengadakan acara halal bihalal dan ulang tahunnya yang ke-52 di rumahnya itu, Minggu (26/7/2015).

Menurut Dorce, semua itu ia persiapkan dengan maksud agar tidak merepotkan orang-orang lain ketika ia meninggal dunia. Bahkan, bukan untuknya saja, Dorce juga menyiapkan hal yang sama untuk ketiga anak adopsinya, yakni Rizky Sutrisno Kijo, Siti Fatimah Tuzzahra, dan Siti Khadijah.

"Jadi, buat kami berempat, kain kafan sudah disiapkan delapan meter, kami bagi empat. Jadi, kalau saya yangg dipanggil duluan, anak yang urus, kalau anak (yang meninggal lebih dulu), kami yang urus" tutur Dorce.

Sementara itu, Fatimah, salah seorang anak adopsi Dorce, mengatakan bahwa ia awalnya kaget akan persiapan yang telah direncanakan oleh Dorce sejak 10 tahun lalu itu. Namun, Fatimah kemudian memahaminya.

"Kaget sih. Itu Mama sudah rencanain sepuluh tahun lalu. Ya, kami ngikut aja, katanya biar enggak ngerepotin orang," ujar Fatimah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com