Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musik Dangdut Bantu Ikke Nurjanah Berolahraga

Kompas.com - 18/09/2015, 07:39 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Musik dangdut tak cuma menjadi karier vokalis Ikke Nurjanah (41). Namun,  musik itu juga ia gunakan sebagai penjaga stamina. Ikke mengatakan, hampir setiap pagi dirinya senam aerobik dengan iringan musik dangdut.

"Hari-hari saya, saya senam dengan musik dangdut. Pagi-pagi. Seminggu maksimal tiga kali. Kalau lagi rajin. Kalau treadmill setengah jam, seminggu sekali atau dua kali," ujarnya dalam wawancara usai peluncuran album terbarunya, DutKustik, di restoran Kembang Goela, Plaza Sentral, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2015) malam.

Tak hanya olah tubuh, Ikke juga tak berhenti berlatih olah vokal. Sebab, meski memiliki pengalaman bernyanyi selama 25 tahun, pertambahan usia menurut dia juga berpengaruh.

"Latihan itu penting. Usia nambah ya ada yang berubah, range nada, balance suara, nafas. Jadi enggak boleh berhenti berlatih dan olahraga," tuturnya.

Setiap pagi, ia berlatih dengan menyanyikan lagu-lagu dangdut dengan tingkat cengkoknya terbilang sulit selama setengah jam.  

"Saya cari lagu yang 'keriting' banget cengkok dangdutnya. Terus lagu-lagu India juga jadi hari-hari saya. Kenapa pagi-pagi karena kan suara masih serak-serak. Malah itu mematangkan saya," ucap Ikke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com