Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunto Aji dan Kisah Generasi "Akhir Bulan"

Kompas.com - 18/11/2015, 16:05 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Kunto Aji Wibisono (28) meluncurkan album perdana dengan tajuk Generation Y setelah lebih dulu mengenalkan single "Terlalu Lama Sendiri". Salah satu materi lagu dalam album ini, kata Aji, merangkum berbagai persoalan generasi yang lahir pada periode 1980-an awal hingga tahun 2000-an awal.

"Tema Generation Y saya pilih karena itu generasi saya. Lagu-lagunya juga berdasarkan kehidupan sehari-hari dari sudut pandang generation y. Misalnya, soal kehidupan akhir bulan, cinta, dan quarter live crisis," kata Aji dalam jumpa pers peluncuran album Generation Y di Bara Futsal, Falatehan, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015).

Khusus untuk lagu "Akhir Bulan", Aji yang termasuk generation y menceritakan kehidupan akhir bulan para remaja hingga mereka yang sudah berusia 30-an.

"Ini salah satu konflik batin yang paling sering terjadi di akhir bulan, di mana biasanya pada bokek dan berhemat serta bertahan dengan makan mie instan," kata Aji  lalu tertawa.

"Saya terinspirasi dari teman-teman sekeliling yang juga masuk generation y dan juga pengalaman sendiri untuk lagu lainnya," sambung dia.

Dalam kesempatan yang sama, melalui album perdana ini, Aji ingin mengangkat semangat independen dalam berkarya.

"Alasan saya juga lebih ke gerakannya. Jalur independen saya tempuh untuk album ini dan juga dengan beberapa kolaborasi yang ada di album yang di antaranya adalah kolaborasi dengan (pemain bas) Barry Likumahuwa di lagu 'Pengingat', lalu kolaborasi dengan Farid Stevy untuk artwork album, dan secara marketing dan distribusi dengan Go-Mart," ujar Aji.

Selain "Terlalu Lama Sendiri", album Generation Y terdiri dari delapan lagu lain, yaitu "Suara", "Akhir Bulan", "Buka Buka Buka", "Ekspektasi", "Amatiran", "Mercusuar", "Gema", serta "Pengingat".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com