Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Memilih Pemenang Oscar?

Kompas.com - 28/02/2016, 10:01 WIB
KOMPAS.com - Ketika peraih Oscar mengucapkan terima kasih, ada satu pihak yang selalu disebutkan, yaitu "the academy".

Yang dimaksud tentu The Academy of Motion Picture Arts and Science, organisasi para profesional di bidang film.

Organisasi yang didirikan pada tahun 1927 itu beranggotakan lebih dari 7.000 sutradara dan para profesional di bidang film.

Selain menyelenggarakan Academy Awards setiap tahun, organisasi ini juga mendidik calon-calon sutradara, melestarikan film, dan pelayanan masyarakat.

Sampai tahun ini, keanggotaan Academy tidak kedaluarsa. Itu berlaku bahkan bagi yang tidak lagi aktif di dunia film.

Namun mulai Januari 2016, Academy mengubah kebijakan. Ini untuk menanggapi masalah kurangnya keragaman pada penerima nominasi Oscar.

Kini Academy mencabut hak pilih anggota yang tidak aktif dalam 10 tahun terakhir. Academy juga mencari anggota baru dari kelompok-kelompok yang kurang terwakili serta tidak lagi mengandalkan rekomendasi dari anggota.

Untuk menjadi anggota Academy, seseorang harus diundang oleh dewan gubernur.

Di samping berprestasi di bidang film, calon anggota harus disetujui oleh komite eksekutif dari cabang terkait di Academy.

Terdapat 17 cabang yang membidangi penyutradaraan hingga hubungan masyarakat. Aktris Annette Bening memimpin cabang aktor/aktris (akting), sementara Kathryn Bigelow mengetuai cabang sutradara.

Nomine untuk setiap kategori dipilih oleh anggota cabang terkait. Misalnya kategori akting hanya dipilih oleh cabang akting. Namun semua anggota Academy bisa menominasikan film terbaik.

Namun setelah nominasi diumumkan, semua anggota memilih pemenang setiap kategori.

Academy Awards ke-88 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, AS, pada Minggu (28/2/2016) malam waktu setempat atau Senin (29/2/2016) pagi waktu Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com