Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Masih Banyak yang Lebih Penting dari Masalah Zaskia Gotik"

Kompas.com - 20/03/2016, 09:37 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komika dan artis peran Arie Kriting (30) meminta masyarakat tak membesar-besarkan kasus Zaskia Gotik.

"Dia ditanya, spontanitas mau keluarin yang lucu. Sudah. Itu salah ngomong, maafin aja. Masih banyak yang lebih penting dari itu," kata Arie seusai nonton bareng film Comic 8: Casino King Part 2 di XXI Djakarta Theatre, Jumat (18/3/2016) malam.

Pria bernama lengkap Satriaddin Maharinga Djongki ini berharap orang-orang menyikapi hal tersebut dengan cerdas dan kepala dingin.

Menurut dia, perlu dilihat apakah Zaskia memang sengaja ingin menghina dan melecehkan lambang negara atau hanya salah berucap.

"Saya pikir dia enggak punya niat ke situ, bener-bener kesilapan omongan," tuturnya.

"Jangan sampai segitunya. Cukup sampai dia minta maaf, sudah. Kadang yang kita sampaikan dianggap beda oleh orang lain, padahal kita murni mau menghibur," tambahnya.

Arie menegaskan, ini tak berarti ia membela Zaskia. Ia juga menyayangkan jawaban biduan dangdut itu tentang lambang negara.

Namun, menurut dia, masyarakat sebaiknya tidak terlalu sensitif hingga membesarkan masalah itu seakan-akan sebagai penghinaan luar biasa terhadap simbol kenegaraan.

"Yang harusnya dibesar-besarkan adalah masalah korupsi. Pejabat tertangkap narkoba aja enggak marah. Aneh. Bingung sih. Apa sih yang ada di pikiran orang-orang ini," ucapnya.

"Saya juga hargai lambang negara, tapi nasionalitas kita jangan cuma dibatasi sama hal-hal artifisial gitu," imbuh Arie.

Diketahui, pada Selasa 15 Maret 2016 lalu, Zaskia mengucapkan kata-kata yang dinilai melecehkan kehormatan negara saat segmen "Cerdas Cermat Bersama Cecepy".

Ketika itu, Zaskia Gotik memberi jawaban, "Setelah adzan subuh… tanggal 32 Agustus" untuk pertanyaan tanggal Proklamasi.

Lalu untuk pertanyaan lambang dari sila kelima Pancasila, Zaskia menjawab, "Bebek nungging."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com