Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gilang Ramadhan Bawakan "Rhythm Sawah" pada IDP Fest 2016

Kompas.com - 03/04/2016, 19:22 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah seorang drummer kenamaan Indonesia, Gilang Ramadhan, menjadi salah satu penampil pada Indonesia Drum dan Perkusi Festival atau IDP Fest 2016, yang digelar di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (2/4/2016) malam.

Pada festival yang digelar pada 30 Maret sampai dengan 2 April 2016 itu, Gilang membawakan Rhytem Sawah pada sesi permainan solo.

Karakter musik kontemporer pun segera mengisi halaman Bentara Budaya yang penuh penonton. Ekspresi Gilang tidak jarang mengundang tawa para penonton yang hadir.

Suara khas instrumen kenong dan kecrek khas Jawa Barat sesekali mengisi beberapa bagian gebukan drum solo dari ayah tiga anak ini.

“Saya namakan drum ini drum komodo, ini sesuai keinginan saya, sangat Indonesia. Saya main di mana pun yang ditanyainnya selalu yang ini, kenong,” ujarnya di atas panggung, Sabtu (2/4/2016).

“Kalau orang asing suka tanya tentang ini. Mereka tanya itu instrumen apa, aku bilang kenong dan kecrek,” imbuhnya.

IDP Fest 2016 lantas berlanjut dengan penampilan kolaborasi para penggebuk drum seperti Ekki Soekarno, Gilang Ramadhan, Eca Soemantri dan Konde ‘Samson’.

Selain itu, dalam acara semalam Indonesia Drummer (ID) juga memberikan penghargaan khusus atau Life Achievement Award kepada drummer senior Samboedi yang telah tutup usia.

“Dia adalah sahabat drummer, harusnya tampil kemarin. Dua puluh tahun lalu kita utarakan pengen bikin perkumpulan drum. Beliau tinggal di Semarang. Saya ajak ke Jakarta. Dia ngajar anak-anak. Dan punya passion disitu. Beliau harus pulang kembali ke Semarang. Saat itu kami pikir beliau bisa tampil, tapi Tuhan berkata lain,” ucap Gilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com