Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Rahadian Bantu Bikin Sumur

Kompas.com - 07/06/2016, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kamis hingga Sabtu (4/6/2016) lalu menjadi kedua kalinya bagi pemain film Reza Rahadian dan Eva Celia menyambangi Waingapu di Kabupaten Sumba Timur.

Dua tahun lalu, mereka tinggal di daerah itu selama hampir tiga bulan untuk menyelesaikan shooting film Pendekar Tongkat Emas.

Kemarin, mereka kembali shooting di kabupaten yang terkenal paling kering di seluruh Nusa Tenggara Timur itu.

Namun, kali ini, mereka ke sana lagi bukan dalam rangka shooting untuk pengambilan film layar lebar, bukan pula untuk shooting acara sinetron.

Mereka datang sebagai Duta Pengadaan Air Bersih dari Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Program Pembangunan demi membuat film kampanye pemenuhan kebutuhan air bagi warga Sumba Timur.

Menjadi pemandangan umum, di desa-desa setempat, tiap pagi-sore, anak-anak hingga orang dewasa berjalan berkilo-kilometer naik-turun perbukitan demi mendapatkan 2-5 jeriken air.

Air itu digunakan untuk memasak dan minum serta memberi minum ternak. Untuk mandi dan mencuci, itu urusan selanjutnya yang dilakukan jika sempat.

Sejak tiga bulan lalu, Reza bersama Eva Celia menyerukan pengumpulan dana bersama (crowdfund) dari berbagai pihak.

Dana itu untuk membantu warga membuat sumur dan memasang pompa bertenaga surya untuk menarik air dari mata air, sungai, atau air bawah tanah.

Dalam dua bulan, kampanye ini menghasilkan lebih dari Rp 340 juta. Jumat pekan lalu, digelar peletakan batu pertama untuk proyek ini di Napu, Kecamatan Haharu.

Bantuan dari berbagai pihak ini diharapkan bisa merangsang pemda setempat untuk mereplikasi kegiatan serupa di desa-desa lain. Ini juga berpotensi membawa efek domino bagi ekonomi warga.

"Ibu-ibu bisa mengerjakan hal lain dan anak-anak bisa tenang belajar tanpa perlu mengambil air terlalu jauh," kata Reza. (ICH)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 7 Juni 2016, di halaman 32 dengan judul "Bantu Bikin Sumur". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com