Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tio Pakusadewo Bermonolog dalam Film "Pantja Sila"

Kompas.com - 03/08/2016, 15:07 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Tio Pakusadewo dan sutradara Tino Saroengallo menggarap film dokumenter sejarah Pantja Sila: Cita-cita & Realita.

Film tersebut dijadwalkan akan tayang pada 17 Agustus 2016 di seluruh jaringan bioskop Tanah Air.

"Semoga film ini bisa bermanfaat dan bisa disampaikan kepada generasi penerus Indonesia yang tidak tahu pembuatan Pancasila," kata Tio setelah screening film tersebut di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2016).

Dalam film tersebut, Tio melakukan monolog sebagai Presiden Soekarno. Tio memeran sosok Soekarno yang ketika itu berpidato untuk merumuskan Pancasila pada 1 Juni 1945.

Menurut Tio, dia mendapatkan inspirasi menggarap film tersebut setelah membaca buku Pedoman Untuk Melaksanakan Amanat Penderitaan Rakjat, Djilid 1. Di buku itu, ada salah satu pidato Soekarno yang berjudul Lahirnya Pancasila.

"Bentuknya adalah sebuah teks buku. Ini film history monolog. Yang kami ingin sampaikan adalah isi pidatonya. Kalau hal lain tidak ingin kami gambarkan. Referensinya adalah itu," kata Tio.

Untuk melakukan monolog dalam film berdurasi 70 menit itu, Tio berlatih selama tiga bulan.

Kendala adalah Tio tidak memiliki rekaman suara pidato Sukarno saat itu. Bekalnya hanya teks dari buku. Oleh karena itu ia mempelajari rekaman-rekaman video dan audio Soekarno.

"Kesulitan itu adalah saya enggak puna data rekaman audio atau gambarnya. Jadi betul yoois ngarang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com