Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panggilan Hidup Monita Tahalea

Kompas.com - 14/09/2016, 17:21 WIB
Kontributor Sains, Yulianus Febriarko

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Monita Tahalea, bisa menyampaikan pesan melalui lagu yang ia ciptakan dan nyanyikan adalah sebuah anugerah.

Ia menyebut menyanyi sebagai sebuah panggilan hidup yang selalu menggerakkan dirinya untuk terus berkarya.

“Ini bagiku sebuah panggilan. Jalannya enggak mudah tetapi sampai saat ini aku masih tetap menjalaninya,” kata Monita saat berbincang dengan Kompas.com di Yogyakarta akhir Agustus lalu.

Menurut dara kelahiran 21 Juli 1987 itu, seberat apapun tantangannya ia akan menjalaninya karena sudah menjadi panggilan.

“Ada momen saat aku mempertanyakan apakah benar kalau hidupku ini memang di dunia ini, menyanyi, tapi kalau sudah panggilannya ya jernih aja dalam menjalani prosesnya,” ungkapnya.

Monita mengawali karier menyanyinya dari Indonesia Idol pada tahun 2005. Langkahnya di ajang pencarian bakat itu terhenti babak empat besar.

Namun dari situlah perjalanannya di dunia tarik suara dimulai.

“Ini bukan yang aku cita-citakan di awal tapi lalu ada kesempatan di Indonesian Idol itu. Aku bersyukur atas apa yang terjadi dalam hidupku. Pasti ada alasan kenapa aku ditempatkan di situ. Aku belajar, cari tahu, dan berproses sampai aku tahu apa tujuanku menyanyi,” tutur Monita.

“Dan aku tahu kalau tujuanku menyanyi itu ternyata untuk menyampaikan pesan, sebagai story teller melalui lagu-lagu dalam albumku,” sambungnya.

Baginya, semua pengalaman hidupnya mengajarkannya untuk selalu berjuang hingga semuanya bisa menjadi jernih meski kadang harus melewati hal yang keruh.

“Ini perjalanan kan. Ada berbagai hal yang membuat aku down atau ada di posisi bawah, tapi itu harus dilewati. Dan akhirnya jadi seperti ini,” ujarnya.

“Istilahnya musim apa pun itu yang kulalui, aku tetap harus menjalani prosesnya,” imbuh Monita.

Kompas TV Monita Tahalea Bahas "Dandelion"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com