Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Dewanto Santai Disapa dengan Sebutan "Encek"

Kompas.com - 21/10/2016, 16:52 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memiliki nama besar dan segudang prestasi di dunia perfilman Indonesia, rupanya artis peran Rio Dewanto juga pernah menjadi korban bullying atau olok-olok.

"Saya enggak tahu ini bentuk bullying atau enggak. Saya punya mata sipit, dari kecil saya dipanggilnya 'encek' (biasa anak lelaki keturunan Tionghoa disapa)," ujarnya dalam wawancara di Dapur Sunda Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2016).

Bahkan sampai sekarang Rio masih dipanggil 'encek' oleh teman-teman dekatnya. Padahal, ia bukanlah keturunan Tionghoa. Namun, suami aktris Atiqah Hasiholan ini memilih bersikap santai dan menganggap panggilan itu hanya sebagai sapaan akrab dari kawan-kawannya.

"Ada beberapa orang yang merasa tersinggung, sensitif atau cukup lemah secara emosi, mungkin akan marah, tapi kalau saya sih enggak. Mungkin itu bentuk bully-an secara halus. Kalau bully (menyakiti) fisik sih enggak ada," ujar Rio.

Menurut pemain film Filosopi Kopi ini, mengeluarkan kalimat yang terkesan mengejek atapun melakukan keisengan berujung bully tetap harus ada batasnya.

"Jangan sampai terluka atau apa. Kalau hanya nyeplokin, kerjain, ceburin ke got, itu menurut saya masih enggak apa-apa. Saya juga sering dulu waktu saya ulang tahun rambut saya sampai ada minyak rem, tiga hari susah hilangnya. Tapi enggak apa-apa, itu kan jadi kenangan," kata Rio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com