Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Salawaku" Memperebutkan Gelar Terbaik di Festival Film Tokyo

Kompas.com - 26/10/2016, 20:04 WIB

KOMPAS.com - Film Salawaku terpilih untuk tayang di program Asian Future, Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) ke-29.

Film karya sutradara Pritagita Arianegara itu akan bersaing dengan sembilan judul film lainnya untuk meraih penghargaan Best Asian Future Award.

Salawaku mulai diputar di Toho Cinema Ropponi Hills, Tokyo, Rabu (26/10/2016) pukul 15.20 waktu setempat.

Penayangan film yang mengambil gambar di Pulau Seram, Maluku, tersebut dihadiri sang sutradara dan para pemainnya, di antaranya Karina Salim yang dan Elko Kastanya.

Film yang telah meraih penghargaan Piala Dewantara dari Apresiasi Film Indonesia 2016 tersebut, berkisah tentang perjalanan bocah berusia 10 tahun bernama Salawaku (Elko) untuk mencari kakaknya, Binaiya (Raihaanun), yang pergi tanpa kabar.

Salawaku yang seorang yatim piatu, nekat mencuri perahu milik kepala desa dan mendayungnya seorang diri demi menemukan Binaiya di pulau seberang.

Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan Saras  (Karina Salim), yang kemudian memutuskan untuk menemani Salawaku.

Di tengah perjalanan, keduanya berpapasan dengan Kawanua (Joshua Matulessy), kakak angkat Salawaku.

Ketiganya kemudian melakukan perjalanan untuk menemukan Binaiya. Konflik pun terbangun, sedikit demi sedikit terungkap alasan Binaiya meninggalkan desanya dan Salawaku.

Selama 82 menit, para penonton dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan dari Pulau Seram di Maluku.

Di antaranya pantainya yang biru, keindahan bawah lautnya, bukit dengan rumput hijau, dan air terjun Lumoli.

Hampir seluruh pengambilan gambar film produksi Kamala Film tersebut dilakukan di ruang terbuka.

Salawaku akan bersaing dengan Birdshot (Filipina), Canola (Korea Selatan), EWA (Israel), I America (Filipina), Lipstick Under My Burkha (India), Nirvana (China), Ode to Time (Taiwan), The Summer Is Gone (China), dan A Women Wavering In The Rain (Jepang).

Bertindak sebagai juri untuk Asian Future yakni Direktur Bucheon International Fantastic Festival Choi Yong-bae, international programmer Festival Film Internasional Toronto Giovanna Fulvi, dan penulis sekaligus sutradara Jepang Ryosuke Hashiguchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com