Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Mencoblos, Julia Perez Menangis

Kompas.com - 15/02/2017, 15:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air mata pembawa acara dan penyanyi dangdut, Julia Perez alias Jupe, tumpah saat sedang menjelaskan penyebab ia gagal menggunakan hak suaranya dalam Pilkada DKI hari ini, Rabu (15/2/2017).

Untuk diketahui, karena sedang dirawat ia terpaksa harus mencoblos di TPS 15 yang bertempat di lobi gedung A, RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Jupe yang duduk di kursi roda dengan infus di tangan kanannya, terdiam dulu beberapa saat sambil menundukkan kepala, kemudian melanjutkan omongannya.

"Sedihnya tuh pas tadi saya telepon, ada yang bilang 'kenapa enggak urus dari kemarin-kemarin minta A5?'. Hah? Saya sakit, baru masuk. Mana saya tahu saya bakal masuk rumah sakit, ini kan dadakan," ujarnya di sela isakan tangisnya.

Sebagai informasi, Jupe harus menggunakan surat pindah memilih atau formulir A5 karena belum terdaftar sebelumnya di kelurahan TPS 15.

Berdasarkan aturan, A5 wajib diurus tiga hari sebelum Pilkada. Namun Jupe mengaku tak paham bahwa ia sebaga pemilih yang tak mencoblos di TPS domisilinya, harus mengurus surat A5.

"Saya baru tahu pakai surat A5, saya kan enggak tahu. Coba kalian berikan juga short education kepada warga yang sakit di rumah sakit. Nanti dibutuhkan surat pengantar, kan jadi kami paham. Kami tidak dapat pemahaman itu. Jadi saya kesel gitu," ujarnya.

"Saya kesel ketika saya dibilangin 'kenapa enggak diurus dari lama?'. Mana saya tahu saya bakal masuk rumah sakit lagi," kata Jupe dengan air mata yang terus berlinang.

Jupe sebenarnya sudah pulang pada Sabtu lalu usai dirawat 15 hari. Ia sudah senang bisa ikut menggunakan hak suaranya. Tetapi ternyata, keesokan harinya Jupe harus mendapat perawatan lagi.

"Ini semua dadakan. Saya harusnya diberikan pemberitahuan. Ada yang dateng kek, berikan kemudahan. Saya dibuat pusing dari jam tujuh pagi, saya pusing karena surat ini itu," kata Jupe.

"Kondisinya tidak memungkinkan urus itu sendiri. Saya salut dia pengin lakukan dengan maksimal. Dia mau menggunakan hak suara dengan gigih mempertahankan sampai dai detik terakhir, saya lihat sendiri tadi. Dia sampai sedih, kok enggak bisa, kan yang penting KTP kan," timpal penyanyi Yuni Shara yang kebetulan datang menjenguknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com