Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album "Thriller" Michael Jackson Terjual 33 Juta Kopi

Kompas.com - 17/02/2017, 19:58 WIB

KOMPAS.com - Thriller karya mendiang Raja Pop Michael Jackson, yang menjadi album dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah, kembali menorehkan prestasi dengan mencatatkan penjualan hingga 33 juta kopi di Amerika Serikat pada Kamis (16/2/2017).

Asosiasi Industri Rekaman Amerika merilis data penjualan album yang dirilis pada 1982 itu setelah melakukan memasukkan faktor streaming.

Thriller, yang mencakup lagu-lagu hit sepanjang masa seperti "Beat It" dan "Billie Jean", kemungkinan tidak akan tergeser dari posisi album terlaris sepanjang sejarah dalam waktu dekat.

Menurut pencatat harta kekayaan Jackson, penjualan album itu mencapai 105 juta kopi di seluruh dunia.

Album tersebut dirilis pada masa keemasan industri musik komersil. Dengan hasil penjualan besar, MTV ketika itu dapat menjangkau penikmat musik yang baru.

Selain Thriller, album dengan hasil penjualan terbesar kedua sepanjang sejarah Amerika Serikat adalah The Greatest Hits (1971-1975) dari Eagles, yang sukses mencatatkan penjualan 29 juta kopi dan memenangi sertifikasi baru pada 2006.

Secara terpisah, asosiasi industri rekaman pada Kamis (16/2/2017) menyatakan bahwa album Jackson yang berjudul Bad (1987) mencatatkan penjualan 10 juta kopi di Amerika Serikat, demikian AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com