Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Anwar: Berat Bikin Film Musikal di Indonesia

Kompas.com - 24/02/2017, 11:39 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar berpendapat membuat film bergenre drama-musikal bukanlah hal yang mudah di Indonesia.

Ia menambahkan penikmat film Tanah Air masih asing akan karya layar lebar bergenre itu.

"Di sini susah soalnya. Pasarnya belum ada. Bikin film musikal pasti yang nonton sedikit, sayang banget," kata Joko usai menghadiri gala premiere film Interchange di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017) malam.

Satu hal yang perlu dipikirkan dalam menggarap film musikal adalah biaya produksi karena umumnya melibatkan pemain yang banyak.

Karena itu, ia menyebut memproduksi drama musikal termasuk langkah yang berat bagi sineas Indonesia.

"Jadi untuk sekarang masih berat sih. Soalnya film musikal lebih mahal dari film biasa karena masif banyak penari, koreografi segala macem. Jadi misalnya udah bikin mahal-mahal, tapi enggak laku, ya susah," ucap Joko.

Tetapi jika nantinya sudah ada peluang dan melihat penonton Indonesia sudah banyak yang tertarik, bukan tidak mungkin ia bakal membuat film musikal.

"Mau, mau banget. Kalau dari segi genrenya sih aku suka. Suka nonton film musikal dan pengin bikin film musikal," ujar sutradara film Janji Joni itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com