Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulus Keluar dari Zona Nyaman

Kompas.com - 04/03/2017, 20:04 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Tulus yang selama ini dikenal sebagai penyanyi jazz, mencoba warna baru saat tampil dalam gelaran hari kedua Java Jazz Festival tahun ini di Hall D2 JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3/2017).

Tulus keluar dari zona nyamannya. Dia memilih sebuah warna lagu yang tak biasa ia suguhkan kepada penggemarnya.

"Ini adalah tipe lagu yang belum pernah saya bawakan, sesuatu yang baru banget buat saya. Saya belum pernah lakukan ini sebelumnya. Kita coba ya," kata Tulus.

Sedetik kemudian, Tulus menyanyikan lagu "Bebas" yang dipopulerkan penyanyi rap Iwa K pada pertengahan era 1990-an. Sontak kerumunan penonton di depan panggung Hall D2 berteriak histeris, saat pelantun "Gajah" itu bernyanyi dengan gaya hiphop.

Kejutan tak sampai di situ, rapper Igor "Saykoji" dengan penampilan khasnya muncul dari balik panggung melanjutkan bait-bait lagu itu.

"Bebas, lepas / Kutinggalkan saja semua beban di hatiku / Melayang ku melayang jauh / Melayang ku melayang//" lantun keduanya diikuti para penonton yang hadir.

"Tulus keren kan," ucap Igor.

"Ha-ha-ha deg-degan nih," timpal Tulus.

Keduanya kemudian melanjutkan aksi "nge-rap" itu dan mengentak panggung. Suasana semakin riuh hingga penghujung lagu.

"Kalau di panggung kemarin saya bawain keroncong. Kali ini saya nyanyi sedikit rap. Tidur enggak enak 40 hari belakangan he-he-he. Mungkin saya akan melakukan itu lagi lain waktu. Ini buktikan bahwa segala jenis musik itu sama, apapun etalasenya, musik bisa diapresiasi," kata Tulus.

"Nah ini juga bikin deg-degan. Bukan lagunya, tapi temen yang saya ajak bernyayi. Glenn Fredly," tambahnya.

Glenn pun muncul dan langsung duduk memainkan keyboard. Keduanya berduet dalam lagu "Air dan Api" milik grup band Naif yang digubah menjadi soulfull.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com