Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titi Rajo Bintang: Perempuan Harus Lebih Memperhatikan Diri

Kompas.com - 08/03/2017, 15:47 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan musisi Titi Rajo Bintang (36) menyadari bahwa dia selama ini terlalu sibuk sampai lupa mengurus dirinya sendiri.

"Aku baru sadar selama ini sibuk mikirin orang lain, keluarga, anak, sahabat, orangtua. Aku menyadari banget, kita perempuan lebih harus memperhatikan diri. Kita juga harus menjaga tulang, sendi, dan otot kita," ujar Titi di acara media gathering Anlene #TetapBisa di InterContinental Jakarta Midplaza, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017).

Hal tersebut diperkuat dengan Survey Kesehatan Wanita Indonesia 2017 yang dilakukan oleh PT Fonterra Brands Indonesia dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) terhadap 500 perempuan di lima kota besar di Indonesia.

Survei ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas fisik dan tingkat kesehatan perempuan Indonesia.

Diketahui bahwa sebanyak 66 persen perempuan Indonesia mengerjakan setidaknya sembilan pekerjaan dalam satu hari, misalnya memasak, mencuci baju, juga membersihkan rumah.

Hasil lainnya, adalah satu dari tiga perempuan mengaku tidak mempunyai waktu untuk diri sendiri.

"Sebelum menikah lagi, saya kerja dari subuh sampai malam. Ada job main drum, jadi juri, atau bikin scoring untuk film. Itu bikin badan saya bekerja lebih dari kapasitas," tutur Titi.

"Sekarang, saya memutuskan prioritas hidup saya buat suami dan anak. Makanya kerja dikurang-kurangin," kata drummer tersebut.

Ia juga mengubah gaya hidup. Misalnya dengan aktif lagi berolahraga dan menjalankan hobinya.

"Saya suka diving, bersepeda, pilates. Dulu gorengan apa aja dimakan, sekarang enggak. Sekarang sampai tua saya mau berkomitmen (untuk menjalani hidup sehat)," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com