Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Film "Danur", Risa Saraswati "Bersepakat" dengan Lima Hantu

Kompas.com - 28/03/2017, 15:45 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis buku, penyanyi, dan pencipta lagu Risa Saraswati (28) mengatakan bahwa alur cerita film Danur dibuat berdasarkan "kesepakatannya" dengan lima hantu yang diakui oleh Risa bersahabat dengannya dalam kehidupan nyatanya.

Sebagaimana novel Danur karya Risa, film Danur berkisah tentang Risa dan persahabatannya dengan lima hantu kanak-kanak Belanda, yakni Peter, William, Jansen, Hans, dan Hendrick.

Namun, lanjut Risa, ada perbedaan antara cerita filmnya dengan kisah novelnya, karena cerita filmnya dibuat berdasarkan "kesepakatan" Risa dengan Peter dan kawan-kawan.

"Mungkin pembaca Danur tahu mengapa film ini berbeda dengan buku. Ini permintaan dari 'anak-anak' (para hantu) itu," tutur Risa dalam jumpa pers pada acara rilis film Danur di Metropole XXI, Cikini, Jakarta Pusat, pada Senin (27/3/2017).

"Pertama, mereka enggak mau lihat Nippon (tentara Jepang). Kedua, mereka enggak mau ada darah. Ketiga, mereka ingin terlihat seperti pahlawan," tutur Risa lagi.

Contohnya, kisah Peter dan kawan-kawan meninggal disampaikan dengan narasi dan tanpa adegan.

Cerita dimulai ketika Risa kanak-kanak, pada ulang tahun kedelapan, sambil memejamkan mata memohon diberi teman karena merasa kesepian. Risa tinggal bersama ibu dan neneknya di Bandung.

Setelah membuka mata, Risa melihat Peter, William, dan Jansen sedang bermain petak umpet di kamarnya. Risa yang sebelumnya kerap terlihat murung, tiba-tiba menjadi periang,

Dalam penglihatan dan pendengaran orang-orang biasa, Risa kedapatan sering bicara dan tertawa sendiri.

Bahkan, Risa sempat digiring oleh Peter, William, dan Jansen untuk menjatuhkan diri dari tempat tinggi agar bisa terus bersama mereka. Namun, usaha mereka gagal, karena Risa diselamatkan oleh ibunya.

Setelah kejadian itu, Risa pergi dari Bandung. Beberapa tahun kemudian, ketika kembali ke Bandung, Risa berurusan lagi dengan hantu.

Asih, hantu jahat, mencoba mengambil Riri, adik Risa. Dalam sebuah kesempatan, demi menyelamatkan Riri, Riza terpaksa memanggil kembali Peter, William, dan Jansen.

Film Danur dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Shareefa Daanish, Kinaryosi,
Indra Brotolaras, dan Inggrid Widjanarko.

Baca juga: Cerita Prilly Latuconsina Bermain dengan Hantu Kecil

Film yang disutradarai oleh Awi Suryadi ini akan diputar di gedung-gedung bioskop dalam negeri mulai 30 Maret 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com