Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kartini" versi Hanung Bramantyo, Tak Melulu soal Emansipasi

Kompas.com - 06/04/2017, 17:12 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser film Kartini, Robert Ronny, menyebut bahwa film arahan sutradara Hanung Bramantyo itu bakal menyajikan suguhan yang berbeda.

Jika selama ini orang-orang mengenal Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita Indonesia, lewat film tersebut pihaknya ingin menampilkan sang Raden Ayu dari sudut pandang berbeda.

"Selama ini Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi saja. Nah kami bikin biopik yang beda, kami ingin orang terinspirasi dan lebih kenal Kartini sebagai tokoh pendidikan," ujar Robert dalam konferensi pers film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).

Sisi yang berbeda dari kisah Kartini itulah yang membuatnya kemudian tertarik memproduseri film yang dibintangi aktris Dian Sastrowardoyo itu.

"Ide buat film Kartini itu dari Hanung. Hanung tawarkan beberapa alternatif cerita, tapi saya lebih tertarik Kartini karena saya percaya Kartini sebagai tokoh pendidikan itu kurang diekspos," ucap Robert.

Hanung menambahkan, ia membuat film Kartini ini sebagai satu upaya membangun ulang pengetahuan masyarakat akan tokoh-tokoh sejarah.

Menurut Hanung, selama ini kisah sudah disampaikan kurang tepat oleh buku sejarah dan guru-guru kita.

"Saat SMP, saya melihat sejarah itu seperti buku cerita yang dibacain ibu. Ketika SMA, guru selalu ngomongin tahun dan dihafalin tapi enggak pernah ceritain sudut pandangnya. Dari mulai Soekarno, Hatta, Tan Malaka, bahkan DN Aidit enggak pernah diberi ruang untukk menafsir dari sisi lain," ucap Hanung.

"Saya sama Robert, lewat Kartini, kami lakukan investasi buat generasi sekarang dengan tafsir kekinian. Saya ingin membuat anak-anak muda menikmati film sejarah secara ringan, pop, dan kekinian. Saya mencoba mengemasnya serenyah mungkin," tambahnya.

Sederet aktor dan aktris kawakan Tanah Air ikut terlibat dalam film Kartini arahan sutradara Hanung Bramantyo ini.

Di antaranya adalah Dian Sastrowadoyo, Christine Hakim, Dedy Soetomo, Acha Septriasa, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Dwi Sasono, Djenar Maesa Ayu, dan lainnya.

Film produksi Legacy Picture dan Screenplay Production ini bakal tayang perdana pada 19 April 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com