Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Denny Sumargo Minta Bantuan Tetangga karena Slamet Sosroningrat

Kompas.com - 11/04/2017, 18:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Denny Sumargo pernah sampai-sampai meminta bantuan tetangga demi mendalami perannya sebagai Raden Mas Slamet Sosroningrat, kakak tertua Kartini.

"Setelah aku pulang (reading), biasanya aku siapin waktu untuk nambah latihan. Nah aku manggil tetangga," kata Denny saat berbincang dengan Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, Sabtu (8/4/2017).

Mantan atlet basket ini mengatakan, sang tetangga membantunya berlatih bahasa Jawa. Sebab, karakternya itu adalah seorang bangsawan keturunan Jawa, sementara ia berdarah Makassar-Padang.

"Dia (tetangga) Jawa tulen banget. Jadi aku latihan cengkok-cengkok Jawa dan kemudian dia langsung ngasih tahu, 'Ini ngomongnya gini, oh enggak bisa begini'. Jadi aku terus-terus latihan," ujar Denny.

Tak sebatas bahasa, ia juga mempelajari filosofi budaya Jawa baik dari cara berpakaiannya, bersikap, maupun cara bertutur katanya.

"Orang Jawa kalau bicara enggak langsung, tapi mereka denger dulu, disimpen. Nanti kalau ngomong halus, tapi nohok gitu," ujar Denny.

"Metode-metode itu aku gabungkan dalam waktu yang singkat dan sampai di lokasi pun aku masih mengolah bahasa Jawa. Sampe akhirnya saat eksekusi, itu ngalir gitu," tambahnya.

Selain Denny, sejumlah artis peran terlibat dalam film arahan sutradara Hanung Bramantyo ini, di antaranya Dian Sastrowadoyo yang berperan sebagai Kartini dan Christine Hakim memainkan karakter ibu kandung Kartini.

Lalu ada aktor senior Deddy Soetomo, Acha Septriasa, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Dwi Sasono, Djenar Maesa Ayu, Nova Eliza, dan lainnya.

Film produksi Legacy Picture dan Screenplay Production ini bakal tayang perdana pada 19 April 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com