Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Europe on Screen 2017", Banjir Film Peraih Penghargaan

Kompas.com - 25/04/2017, 13:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Film Eropa bakal digelar lagi tahun ini. Sebanyak 74 film karya sutradara film ternama asal Eropa menjadi sajian utama dalam festival yang dikenal dengan sebutan Europe on Screen (EoS).

EoS 2017 ini akan berlangsung di enam kota di Indonesia, yakni Jakarta Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta, pada 5 hingga 14 Mei 2017.

"Kami mempersembahkan film-film pemenang penghargaan, antara lain Festival Film Berlin, penghargaan Oscar, Golden Globe, dan Film Eropa Terbaik 2016," kata Direktur Festival EoS 2017 Orlow Seunke dalam konferensi pers EoS 2017 di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).

"Banyak lagi pemenang penghargaan film lainnya, semuanya menghibur dan semua pemutaran film gratis," tambahnya.

Dari 74 film tersebut ada sekitar 50 film yang berhasil masuk nominasi maupun yang menang dalam penghargaan perfilman dunia.

Di antaranya, A Man Called Ove (Swedia), Elle (Perancis), Room (Irlandia), Mustang (Perancis), dan lainnya.

"Tahun ini saya mengulang lagi kalimat yang saya ucapkan tahun lalu, 'saya pikir ini adalah seleksi film-film terbaik'. Kami punya Best Foreign Film Oscar 2016, Son of Saul. Pemenang Berlin Film Festival 2016, Fire at Sea. Lalu Film Terbaik Eropa 2016, Toni Erdmann dan Best Foreign Film Golden Globe 2017, Elle," ujar Orlow.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, puluhan film tersebut nantinya dibagi ke dalam enam segmen penayangan, yaitu 18 film di Xtra Section, 23 film di Discovery, 16 film Documenter, 6 film Retro, dan 11 film di Open Air Screening (layar tancap).

Film Perfect Day (Spanyol) yang menampilkan aktor kawakan Benicio Del Toro akan menjadi pembuka Festival Film Eropa 2017 yang digelar di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, pada 5 Mei pukul 19.00 WIB.

Lalu, penutupannya berlangsung di Erasmus Huis, Jakarta Selatan, pada 14 Mei pukul 19.30 WIB dengan pemutaran film Here is Harold.

Film-film tersebut bakal diputar menyebar di sejumlah pusat kebudayaan dan kesenian. Contohnya di Jakarta digelar di Erasmus Huis, GoetheHaus, Institut Francais, Istituto Italiano, Kineforum, Bintaro Xchange, Gandaria City Mall, dan SAE Institute. F

estival Film Eropa ini kali pertama diselenggarakan pada 1990 lalu, kemudian yang kedua baru digelar sembilan tahun kemudian. Sejak 2003, festival ini mulai menggunakan slogan 'Europe on Screen'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com