Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Iwa K Sudah Dua Bulan Konsumsi Ganja

Kompas.com - 29/04/2017, 17:01 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasat Narkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Martua Raja Silitonga,  mengatakan penyanyi rap Iwa K mengaku mengonsumsi narkoba jenis ganja selama dua bulan terakhir.

Sebagai informasi, Iwa K ditangkap karena diduga membawa ganja dalam tiga linting rokok di Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Sabtu (29/4/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Ketika itu, Iwa dan seorang rekannya akan bertolak ke Makassar untuk tampil dalam sebuah acara musik.

"Konsumsinya baru dua bulan terakhir," kata Martua dalam keterangan pers di  Polresta Bandara, Tangerang, Banten, Sabtu (29/4/2017).

[Baca juga: Hasil Tes Urine, Iwa K Positif Konsumsi Ganja]

Namun untuk barang bukti tiga batang rokok yang diduga mengandung ganja tersebut, Iwa memperolehnya dari seorang rekannya yang berinisial Y.

"Kami lakukan pengembangan, barang itu diberikan hari Kamis (27/4/2017) pukul 10.30 WIB pagi oleh seseorang berinisial Y. Kemudian diberikan pada saat yang bersangkutan ada kegiatan," kata Martua.

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) awal, Iwa mengaku mengonsumsi ganja hanya untuk kepentingan pribadi dan tak ada niat menjualnya lagi.

[Baca juga: Iwa K Ditangkap, Ini Kata Istrinya]

"Y dia kenal sudah lama, tapi Y menawarkan kepada IK baru sekali itu, Y menyerahkan kepada IK hanya sekali ini," ujar Martua.

Ia menambahkan kasus tersebut masih dalam pengembangan dan Y masih diburu. Karena itu kepolisian belum bisa memberi keterangan lebih lanjut.

[Baca juga: Diduga Miliki Ganja, Iwa K Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta]

"Yang jelas, dia dapat itu ditawarkan oleh Y, bukan IK yang sengaja memasukkan barang itu ke dalam rokok," tambahnya.

Saat ini, tiga linting rokok tersebut sedang dalam pemeriksaan di Pusat Laboratorium Forensi (Puslabfor) Bareskrim Polri untuk dipastikan apakah benar kandungannya ganja atau tidak.

Sementara, Iwa K masih dalam tahap pemeriksaan di Polres Bandara Soetta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com