Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bulan Dirawat karena Kanker Payudara, Yana Zein Pulang ke Indonesia

Kompas.com - 28/05/2017, 14:09 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com -- Setelah empat bulan menjalani pengobatan kanker payudara stadium IV di Guang Zhou, China, artis peran Yana Zein akhirnya pulang ke Indonesia.

Sebagai informasi, Yana dirawat di rumah sakit Rumah Sakit Modern Guangzhou China. Pemain sinetron senior ini tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, MInggu (28/5/2017) pukul 12.00 WIB.

"Hi Indonesia, Yana pulang! (Di sana) hampir empat bulan," ujar Yana yang berbaju kuning dan mengenakan wig atau rambut palsu.

[Baca juga: Yana Zein Menanti Pengobatan Anti-radiasi

Ia melambaikan tangan ke arah awak media dengan senyum semringah. Yana mengaku sudah segar bugar dan telah bisa berjalan normal.

"Tadinya saya enggak bisa jalan, ini pakai kursi roda soalnya panas hehehe. Tadinya kan saya ke Guang Zhou harus naik kursi roda," katanya dengan senyum yang terus merekah.

[Baca juga: Yana Zein Bilang Kemoterapinya Pernah Dinyatakan Gagal]

Ia lalu dengan bersemangat menjelaskan tindakan medis apa saja yang dijalaninya di China. Salah satunya cryosurgery, yakni penggunaan suhu dingin dan panas yang ekstrim untuk memusnahkan jaringan sel kanker.

"Cryo itu di mana bagian yang sakit dipanaskan dan didinginkan. Kemarin kira-kira kankernya segini, sekarang kankernya diablasin namanya. Disuntik panas, kankernya jadi pecah tinggal empat titik kecil kecil," ujar Yana.

[Baca juga: Paru-paru Terisi Cairan, Kondisi Yana Zein Kembali Menurun]

Selain senang karena kankernya sudah bisa tertangani, ia mengaku juga bahagia bisa bertemu anak-anaknya lagi usai empat bulan tak bersua.

"Seminggu enggak ketemu aja kangen, apalagi ini yang empat bulan. Lima jam perjalanan ke China demi menyembuhkan diri dan ini juga demi anakku," ujarnya.

"Jadi saya tahan rasa rindu saya, puji syukur saya kepada Tuhan karena saya sekarang diperbolehkan pulang, saya sangat bahagia bahagia sekali," kata Yana dengan tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com