Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesaksian Geisha Terakhir atas Tsunami

Kompas.com - 29/03/2011, 06:01 WIB

KAMAISHI. KOMPAS.com — Tsuyako Ito adalah geisha terakhir yang bekerja di kota baja Jepang, Kamaishi. Dia tak asing lagi dengan bencana. Dia merupakan koban selamat dari bombardir Angkatan Udara AS pada Perang Dunia II dan tiga bencana tsunami besar.

"Namun, tsunami yang ini adalah yang terburuk dari semuanya," kata perempuan berusia 84 tahun tersebut mengomentari gelombang raksasa yang menghancurkan kota-kota seperti Kamaishi di sepanjang pantai timur Jepang pada 11 Maret lalu.

Gelombang tsunami menerjang Jepang ketika Ito tengah bersiap menyanyi dan memainkan alat musik tradisional shamisen untuk menghibur para tamu di sebuah restoran mewah.

Gelombang memusnahkan rumahnya, menyapu semua peralatan berharganya.

"Kimono, gendang, dua shamisen, aksesori rambut... semuanya sirna. Bagaimana  hal ini bisa terjadi?" katanya seperti dikutip AFP.

Rumahnya kini adalah segulung tikar untuk alas tidur di sebuah gimnasium sekolah lokal, tempat Ito melarikan diri dari terjangan tsunami bersama sekitar 100 warga yang sebagian besar berusia lanjut.

"Namun, saya masih memiliki kemampuan dan semangat. Ini kebanggaan saya. Bahkan tsunami tidak bisa merampasnya dari saya," katanya.

Salah satu dari kenangan paling diingat Ito adalah bencana alam.

"Ibuku berlari, sambil menggendongku di punggungnya, dulu, dulu sekali sewaktu ada tsunmai, saat saya masih bayi," katanya.

Setelah selamat dari kematian, dia memulai kariernya sebagai geisha di usia remaja 12 tahun di Kamaishi, kota yang dikenal sebagai penghasil baja nan ramai yang jaraknya sekitar 450 kilometer sebelah utara Tokyo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com