Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RUMAH SESUAI KEBUTUHAN Hati Farhan

Kompas.com - 18/03/2012, 03:37 WIB

NUR HIDAYATI

Desir angin yang memainkan dedaunan menyambut begitu pintu pagar rumah Farhan dibuka. Setelah menerobos kemacetan Tangerang Selatan, berbelok dan singgah ke rumah ini terasa seperti menemukan oasis.

Sebelum masuk ke rumah presenter televisi dan penyiar radio ini, bolehlah sejenak duduk di teras sambil memandangi rerumputan yang dibingkai keteduhan pepohonan di halaman.

”Pohon-pohon itu bawaan asli tanah ini karena memang dulunya kebun,” kata Farhan (42) menunjukkan pohon rambutan yang sudah berumur 30-an tahun. Ada juga pohon jambu, mangga, dan jati, tegak di pinggir area rerumputan.

Di satu sudut, ada kolam kecil tempat kura-kura peliharaan Ridzky (13), putra sulung Farhan, dan kandang ayam peliharaan Bisma (11), putra keduanya. Mereka juga sedang bersiap-siap memelihara anjing dan iguana.

Kata Farhan, rumah perlu jadi tempat hidup berdamai dengan aneka satwa, selain dihuni keluarga. Ketika hujan turun, kodok dan kadal berkeliaran di sekitar rumah. Pagi selalu diramaikan kicau burung. Saat kemarau, nyamuk dan semut ikut sibuk. ”Tikus dan kecoak tiap hari pasti ada, tetapi kami saling menghormati area masing-masing,” kata Farhan.

Halaman ini pun jadi area bermain yang nyaman buat kedua putra Farhan dan anak para kerabat yang berkunjung. Ada perosotan, ayunan, dan trampolin di situ. Trampolin itu juga jadi salah satu alat terapi bagi Ridzky yang autistik.

Di atas lahan 1.400 meter persegi, bangunan rumah Farhan dibuat dua lantai seluas 395 meter persegi, masih menyisakan halaman lapang. Pintu dan jendela-jendela panjang berjajar di tiga sisi bangunan yang menghadap ke barat, utara, dan timur itu. Lalu. kebingungan muncul, pintu sebelah mana yang mesti dimasuki untuk bertamu.

”Silakan masuk lewat mana saja. Lewat jendela juga boleh, kan udah kayak pintu juga bentuknya. Enggak ada ruang tamu, kok,” ujar Farhan.

Tanpa sekat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com