Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersatu dalam Komedi

Kompas.com - 20/03/2013, 03:28 WIB

Frans Sartono

Anda percaya komedi bisa menyatukan orang? ”Pasti. Lihat saja, ada orang India, warga Kanada, orangtuanya dari India, dan sekarang berada di Jakarta. Komedi menyatukan kita semua,” kata Russell Peters, komedian tunggal yang akan tampil di Jakarta, Rabu (20/3) malam ini.

Orang India yang disebut Russell Peters itu adalah dirinya sendiri. Russell Peters (42) adalah salah seorang stand-up comedian atau komedian tunggal yang populer di jagat perkomedian dunia. Menurut majalah Forbes, ia menempati posisi ketujuh dari komedian berbayaran tertinggi.

Russell, panggilannya, akan open mic atau tampil di Skenoo Exhibition, Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu malam ini. Didatangkan promotor Java Musikindo, ini merupakan kedatangan keduanya ke Jakarta.

Tahun lalu ia tampil di Jakarta, yang dalam tiga tahun terakhir semakin marak dengan hiburan stand-up comedy atau komedi tunggal. Salah satunya lewat televisi, termasuk KompasTV, dengan menggelar kontes Stand-Up Comedy Indonesia yang memasuki musim ketiga.

Russell banyak membawakan materi komedi berlatar multikulturalisme. Dalam sejumlah video yang diunggah di Youtube, misalnya, ia membuat orang terpingkal-pingkal dengan lelucon berbahan stereotip kultural tentang orang India, China, dan Yahudi. Mereka mencoba berbisnis dan ribut terus karena masing-masing mempunyai sifat sangat berhemat.

Lelucon berlatar etnis itu tak dimaksud Russell untuk menyinggung atau merendahkan, tetapi justru meletakkan mereka sebagai bagian dari keluarga besar dunia.

”Joke itu berangkat dari niat. Orang tahu, ketika saya bikin lelucon tentang seseorang, niat saya hanya membuat orang tertawa, membikin orang bahagia. Sama sekali tidak ada niat saya menyinggung perasaan,” kata Russell dalam wawancara dengan harian Kompas, Senin (18/3) malam, di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta.

”Jika niat kita memang ingin menyakiti, orang akan tersinggung. Saya suka melihat orang tertawa, bergembira. Pekerjaan saya adalah berkomedi. Saya harus memastikan bahwa orang akan bahagia, akan tertawa,” kata Russell yang menyukai komedian George Carlin, Steve Martin, dan Eddie Murphy.

Pengalaman manusiawi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com