Oppie Andaresta Cari Lagu Anak Bercita Rasa Indonesia

Kompas.com - 28/06/2013, 15:12 WIB
Penyanyi dan pencipta lagu Oppie Andaresta (kiri) dan Direktur Semut-Semut Natural School, Arfi Destianti, berfoto bersama usai acara Tur Edukasi Bumiku Lestari di sekolah di kawasan Kelapa Dua, Depok tersebut, Selasa (6/11/2012). KOMPAS.com/CAROLINE DAMANIKPenyanyi dan pencipta lagu Oppie Andaresta (kiri) dan Direktur Semut-Semut Natural School, Arfi Destianti, berfoto bersama usai acara Tur Edukasi Bumiku Lestari di sekolah di kawasan Kelapa Dua, Depok tersebut, Selasa (6/11/2012).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai salah seorang juri Ajang Cipta Lagu Anak (Acila) 2013, penyanyi dan pencipta lagu Oppie Andaresta bertugas memilih dengan cermat 12 karya finalis yang akan diumumkan sebagai pemenang melalui siaran langsung Grand Final Acila di RCTI pada Sabtu (29/6/2013). Saat ini, Oppie bersama dua juri lainnya—Lilo "KLa Project" dan Pongki Barata—sedang sibuk mencari lagu anak bertema pop etnik.

"Kalau etnik saja sulit. Jangankan untuk diterima anak-anak, sama yang dewasa saja sulit. Jadi, yang dicari yang ada cita rasa Indonesia," kata Oppie ketika berbincang usai jumpa pers Acila di Resto Pulau Dua, Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (28/6/2013).

Lagu anak bercita rasa Indonesia menurut Oppie harus memiliki notasi yang mudah diingat dan dinyanyikan. "Dicari notasi yang model dolanan anakkarena mudah diingat seperti 'Cublak Cublak Suweng'. Musik tradisi setiap daerah itu pasti ada dolanan," jelas ibu satu anak laki-laki ini. "Jadi, dengan notasi seperti dolanan, bagian yang mudah diingat bisa jadi trigger (pemicu)," lanjutnya.

Dicontohkan oleh Oppie, "Seperti pada 2012 lalu, saya keluarkan album Lagu untuk Bumi. Saya bekerja sama dengan Dewa Budjana, Indra Lesmana, ya musiknya macam-macam karena saya ingin anak zaman sekarang juga mendengar musik yang katanya berat, tapi trigger-nya tetap dolanan. Seperti Budjana, walau =pun jazz, dia tetap memasukkan etnik, pakai gendang segala."

Dengan begitu, Oppie optimistis bahwa Acila 2013 akan menghasilkan lagu pop etnik anak yang bagus. "Ya saya optimistis sekali bakal banyak yang ikut karena ini menarik sekali. Diharapkan nanti akan ada lagu-lagu yang orsinal," ucapnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.