Kata-kata Vicky Jadi Lagu "29 My Age Yeaaaah"

Kompas.com - 15/09/2013, 21:06 WIB
Vicky Prasetyo (kanan) dan Zaskia Gotik dalam cuplikan video C&R yang diunggah ke YouTube C&R/YouTubeVicky Prasetyo (kanan) dan Zaskia Gotik dalam cuplikan video C&R yang diunggah ke YouTube
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Masih ingat video musik Demi Tuhan yang merupakan garapan Eka Gustiwana atas ocehan Arya Wiguna mengenai Eyang Subur, atau Bahan Bakar Minyak (BBM) Campuran dari berita yang dibacakan oleh news anchor Jeremy Teti? Baru-baru ini Eka kembali berkreasi. Ia menjadikan mantan tunangan penyanyi dangdut Zaskia "Goyang Itik (Gotik)", Vicky Prasetyo, menyanyikan kalimat-kalimat khasnya. Judul video musiknya, 29 My Age Yeaaaah.

Sama seperti dua video musik yang lebih dulu diunggah Eka ke YouTube melalui akun miliknya, 29 My Age Yeaaah juga diolah dengan teknik penggabungan sehingga kalimat-kalimat "intelek" Vicky terdengar bernada. Namun, kali ini Eka mengakui cukup sulit memilih kosakata mana yang paling mengena untuk dijadikan bagian refrain lagu.

"Kata-katanya cukup banyak. Ada mempersulit, mempersuram, statusisasi, labil ekonomi, kudeta, kontroversi hati, dan konspirasi kemakmuran. Jadi, kayak es campur lagunya," ujar Eka saat berbincang dengan Kompas.com per telepon di Jakarta, Minggu (15/9/2013). "Tapi, saya ambil chorus-nya di 29 (twenty nine) my age," lanjutnya.

Eka akhirnya memberi penekanan nada pada kalimat 29 my age untuk video musik berdurasi dua menit itu. "Karena, kata-kata itu paling gampang diingat. Kalau dihilangkan, jadi hilang esensi Vicky-nya," ucap Eka.

Untuk aransemen musiknya, Eka memberi tempo yang lambat agar para peselancar dunia maya bisa menyimak kata-kata konyol yang diucapkan oleh Vicky dalam jumpa pers pertunangannya dengan Zaskia di Jakarta, Minggu (1/9/2013). "Kalau saya bawa dengan musik yang cepat, saya khawatir orang enggak bisa menyimak," kata Eka.

Sayangnya, soal rangkaian nada, "29 My Age Yeaaaah" terdengar rada datar dibandingkan dengan nada "Demi Tuhan" atau "BBM Campuran".

"Sebenarnya bicaranya Vicky ini kurang bisa dinadakan, karena dia bicara dengan nada rendah terus dan jarang berhenti, kayak kereta. Kalau dari awal dia bicara sudah ada sedikit nada, ya lebih bagus," jelas Eka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eka mengaku tak khawatir pihak Vicky akan menuntutnya, seperti yang dikicaukan oleh seseorang melalui jejaring sosial Twitter. "@EkaGustiwana: Justru niat saya ke arah yg baik. Supaya dinyanyiin, lbh positif. Enggak hina2an. “@dedecitcit: mudah-mudahan ga dituntut sama emaknya piki," tulis Eka pada akun Twitter-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.