Nugie: Anak Gaul Harus Menggauli Alam

Kompas.com - 19/09/2013, 12:35 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- "Anak gaul itu harusnya menggauli alam, bukan cuma suka nongkrong-nongkrong doang," kata pelantun lagu "Lentera Jiwa" dan "Burung Gereja", Nugie (42), akhir pekan lalu, di sela-sela kegiatan fun bike pada perayaan sewindu PT Pertamina EP di Monas, Jakarta.

Menggauli alam, tutur salah satu personel grup musik The Dance Company itu, artinya adalah bersahabat dan akrab dengan alam lewat bergaya hidup ramah lingkungan.

"Aku prihatin waktu lihat orang naik mobil bagus, lalu membuang sampah sembarangan. Mobilnya bermerek, dimodifikasi, ceper, eh, tiba-tiba ngelempar sampah lewat jendela mobil gitu aja," ujar Nugie yang memilih sepeda lipat sebagai moda transportasi utamanya.

Tidak sekadar prihatin, dengan bakatnya sebagai penyanyi, Nugie menciptakan lagu-lagu bertema sampah dan mengajarkan kepada anak-anaknya, Arkazora Nugraha (6) dan Nikaia (2).

"Sampah organik, sampah guna ulang, sampah daur ulang, sampah residu, sampah B3: bahan beracun berbahaya, ayo kenali dan memilah sampah…," dendang Nugie kepada para pengunjung di sekitar Monas.

Selain bernyanyi, Nugie juga pantang menggunakan tas plastik untuk berbelanja. "Aku selalu membawa tas belanjaan dari rumah. Tas itu sampai kucel karena sering dilipat dan dipakai. Kalau selalu pakai plastik, makin banyak sampah yang sulit terurai," ucapnya. (K09)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.