Akhir Minggu di Tasikmalaya dengan Vicky Sianipar dan Babenjo

Kompas.com - 23/09/2013, 11:13 WIB
Vicky Sianipar (kedua dari kiri), Citra Scholastika (ketiga dari kiri), Candil (ketiga dari kanan), dan Wildan (paling kanan), salah seorang personel grup musik tradisional Tasikmalaya, Babenjo, diabadikan bersama pihak penyelenggara Asyiiik Fest dalam jumpa pers pergelaran musik tersebut di kawasan Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2013). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAVicky Sianipar (kedua dari kiri), Citra Scholastika (ketiga dari kiri), Candil (ketiga dari kanan), dan Wildan (paling kanan), salah seorang personel grup musik tradisional Tasikmalaya, Babenjo, diabadikan bersama pihak penyelenggara Asyiiik Fest dalam jumpa pers pergelaran musik tersebut di kawasan Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2013).
|
EditorAti Kamil
TASIKMALAYA, KOMPAS.com -- Sabtu lalu (21/9/2013), sebuah pergelaran musik bernama Asyiiik Fest diselenggarakan untuk menghangatkan suasana kebersamaan para penonton berusia 18 tahun ke atas di kota Tasikmalaya, Jawa Barat, yang sedang berudara sejuk.

"Kami menyadari, di masyarakat Indonesia, tradisi ringannya itu adalah kebersamaan seperti di Tasik ini," kata Manager Relation Sampoerna Tbk, Utari Obon, dalam jumpa pers di tempat diadakannya Asyiiik Fest, Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Sabtu lalu, mewakili pihak produsen Kretek Sampoerna, penyelenggara pergelaran tersebut.

Pemusik Vicky Sianipar mendapat tugas meracik musik modern dengan musik tradisional untuk menyedot para warga di kota bersebutan Kota Santri itu dan sekitarnya untuk menonton suguhan Asyiiik Fest. "Kami selalu mengolaborasikan sesuatu yang modern dengan yang tradiosional. Kami mengadaptasi lagu-lagu lokal dengan musik kontemporer. Nanti akan dikolaborasikan oleh Vicky Sianipar," jelas Utari.

Agar lebih asyik, Vicky, yang terbiasa bermain dengan world music, ditantang untuk bisa memadukan musiknya dengan permainan angklung dan tabuhan kendang dari Babenjo, grup musik tradisional asal Tasikmalaya, untuk mengawal Candil dan Citra Scholastika menyanyi.

"Challenge yang kami berikan ke Bang Vicky, kami ingin dia meramu musik yang asyik. Menurut dia, musik yang asyik itu musik yang bisa buat goyang sama-sama. Memang di beberapa kota Bang Vicky biasa bekerja sama dengan komunitas lokal. Untuk di Tasik ini, Bang Babenjo," terang Utari.

Asyiiik Fest, yang sebelumnya juga digelar di kota-kota Sambas (18/5/2013), Mojokerto (8/6/2013), Tegal (22/6/2013), dan Lampung (7/9/2013), diramaikan pula dengan sajian-sajian asyik lainnya, seperti kompetisi estafet berkelompok dan kuliner khas Tasikmalaya di pojok arena Kuliner Asyiiik sejak siang hari.

"Kegiatannya cukup ramai, seru, dan asyik banget, banyak perlombaan seperti bakiak, halang rintang. Kalau kita lihat, pesertanya asyik banget, sampai ada yang jatuh. Dan, ada jajanan khas Tasik, kami bekerja sama dengan timnya Pak Bondan Winarno," papar Utari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijadwalkan, setelah diadakan di Tasikmalaya, Asyiiik Fest akan digelar di Depok, Jawa Barat, pada 5 Oktober 2013.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.