Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasa Hukum: Hanung Belum Lahir, Rachmawati Sudah Dikenal

Kompas.com - 23/09/2013, 17:31 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ucapan sutradara Hanung Bramantyo—bahwa Rachmawati Soekarnoputri, putri Soekarno, Presiden pertama RI, hanya mencari popularitas berkait dengan perselisihan mengenai film Soekarno: Indonesia Merdeka—sangat tidak berdasar. Hal itu dikatakan oleh kuasa hukum Rachmawati, Ramdan Alamsyah.

Menurut Ramdan, Rachmawati sudah dikenal sedari Hanung belum lahir. "Ibu Rachmawati tak perlu lagi cari popularitas. Beliau sudah dikenal bahkan sebelum Hanung lahir. Jadi, apa yang dikatakan Hanung sangat melukai perasaan Ibu Rachmawati," kata Ramdan seusai melaporkan Hanung ke Polda Metro Jaya, Senin (23/9/2013).

Ramdan pun menegaskan, Rachmawati tidak pernah melarang siapa pun yang ingin membuat film tentang Soekarno karena Soekarno bukan lagi milik keluarganya saja, melainkan sudah menjadi milik Indonesia dan, bahkan, dunia.

Perselisihan muncul, kata Ramdan, karena Hanung melanggar kesepakatan mengenai film tersebut. Padahal, yang meminta Hanung untuk menyutradarai film itu adalah Rachmawati dan bukan merupakan ide murni Hanung.

"Saat masuk proses shooting, ternyata yang dipakai skrip yang lain (tidak sesuai kesepakatan). Makanya, Ibu mundur. Tapi, karena ada perjanjiannya, maka kita ada hak pada penayangan film itu," urai Ramdan.

Sabtu ini, Rachmawati melalui Ramdan melaporkan Hanung ke Polda Metro Jaya dengan dugaan pencemaran nama baik. Karena ada agenda ke Medan, Sumatera Utara, Rachmawati tidak ikut datang ke Sentra Pelayanan Kepolisian Mapolda Metro Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com