Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candil Belajar Bikin Lagu

Kompas.com - 24/09/2013, 16:41 WIB
Irfan Maullana

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com -- Rupanya tak mudah bagi Candil mencipta lagu-lagu untuk materi album solo pertamanya, yang hingga kini belum dirilis. Maunya bikin lagu serius, jadinya tidak serius. Begitu pula sebaliknya.

"Ya sih, awalnya ada beberapa lagu yang gue bikin serius, tapi tetap saja ada aura isengnya, aura usilnya. Jadi, pada saat gue perdengarkan ke beberapa orang, ada yang bilang, 'Wah kok ini lucu banget', 'Itu serius lagi, beneran lagi'. Tapi, ada yang malah kebalik. Gue bikin lucu, eh jadinya serius, karena gue angkat dari kisah yang lucu. Jadi, 'Ya, ya, kok lagunya lagunya serius banget'," cerita Candil dalam perbincangan sebelum manggung dalam Asyiiik Fest di Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2013) malam.

Kesulitan itu dianggap oleh mantan vokalis band Seurieus sebagai proses belajar.

"Itulah proses, jadi saya enggak tahan-tahan. Saya pengin, kali ini pure keluar dari pemikiran saya beberapa tahun terakhir ini, ada di album ini," kata Candil.

Meski rekamannya kini sudah beres, album itu belum bisa dinikmati dalam waktu dekat oleh para penyuka musik Tanah Air. "Materi sudah siap semua, tinggal masalah administrasi dan tata usahanya. Mungkin, kalau di label (rekaman) mesti ngantre, karena ada strategi promosinya. Dan, lagu ini surprise. Kalau gue buka sekarang, nanti malah enggak surprise. Intinya, ini soal penantian seseorang untuk khayalannya selama ini," ujar Candil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com