Candil Belajar Bikin Lagu

Kompas.com - 24/09/2013, 16:41 WIB
Candil KOMPAS.com/IRFAN MAULLANACandil
|
EditorAti Kamil
TASIKMALAYA, KOMPAS.com -- Rupanya tak mudah bagi Candil mencipta lagu-lagu untuk materi album solo pertamanya, yang hingga kini belum dirilis. Maunya bikin lagu serius, jadinya tidak serius. Begitu pula sebaliknya.

"Ya sih, awalnya ada beberapa lagu yang gue bikin serius, tapi tetap saja ada aura isengnya, aura usilnya. Jadi, pada saat gue perdengarkan ke beberapa orang, ada yang bilang, 'Wah kok ini lucu banget', 'Itu serius lagi, beneran lagi'. Tapi, ada yang malah kebalik. Gue bikin lucu, eh jadinya serius, karena gue angkat dari kisah yang lucu. Jadi, 'Ya, ya, kok lagunya lagunya serius banget'," cerita Candil dalam perbincangan sebelum manggung dalam Asyiiik Fest di Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2013) malam.

Kesulitan itu dianggap oleh mantan vokalis band Seurieus sebagai proses belajar.

"Itulah proses, jadi saya enggak tahan-tahan. Saya pengin, kali ini pure keluar dari pemikiran saya beberapa tahun terakhir ini, ada di album ini," kata Candil.

Meski rekamannya kini sudah beres, album itu belum bisa dinikmati dalam waktu dekat oleh para penyuka musik Tanah Air. "Materi sudah siap semua, tinggal masalah administrasi dan tata usahanya. Mungkin, kalau di label (rekaman) mesti ngantre, karena ada strategi promosinya. Dan, lagu ini surprise. Kalau gue buka sekarang, nanti malah enggak surprise. Intinya, ini soal penantian seseorang untuk khayalannya selama ini," ujar Candil.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.